Fungsi dan Hubungan Endoplasma dg Organel Lain

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Fungsi dan Hubungan Endoplasma dg Organel Lain

Hubungan Endoplasma – Hubungan Retikulum Endoplasma dengan organel lain.

Hubungan Endoplasma – Didalam sitoplasma, terdapat sejumlah organel-organelberbatas membran seperti mitokondria, lisosom, badan golgi,mikrobodi dan inti. Retikulum endoplasma bersama-samadengan sistim membran yang lain membentuk suatu jalinan didalam sel yang disebut jaringan rongga sel (Cytocavity). Jalinanrongga sel tersebut memisahkan sel menjadi dua kompartemen,yaitu kompartemen sitoplasma dan kompartemen rongga dalam(intracavity).

Endoplasma – Dengan satu sisi mengarah ke sitosol dan sisi yanglain menghadap ke lumen jalinan rongga sel.Jalinan rongga sel pada umumnya dan retikulumendoplasma pada khususnya membentuk suatu sistimperadaran didalam sel dan enzim-enzim disebarkan secarameluas untuk aktivitas katabolisme dan anabolisme. Denganadanya jalinan rongga sel tersebut, maka substrat-substrat yangpenting dengan cepat mencapai bagian dalam sel dengan carafusi membran dan gerakkan membran. Sehingga bahan-bahanyang disintesis dan dirakit dibagian dalam sel dapat dengancepat diangkut ke permukaan sel.Bila sistim membran tidak dinamis, maka substrat tidakmampu berdifusi ke enzim-enzimnya secepat yang diinginkan.Demikian pula bahan-bahan sisa dan bahan pembangun yangpenting tertimbun sehingga mencapai konsentrasi yang tidakberguna.

Fungsi dan Hubungan Endoplasma dg Organel Lain

Fungsi dan Hubungan Endoplasma dg Organel Lain

Fungsi Retikulum Endoplasma

Berikut adalah beberapa fungsi retikulum endoplasma:

1. Menjadi tempat penyimpan kalsium, bila sel berkontraksi maka kalsium akan
dikeluarkan dari RE dan menuju ke sitosol.
2. Sebagai penampang sintesis protein, untuk disalurkan ke kompleks Golgi dan akhirnya dikeluarkan dari sel.
3. Memodifikasi protein yang disintesis oleh ribosom untuk disalurkan ke
kompleks golgi dan akhirnya dikeluarkan dari sel. (RE kasar)
4. Mensintesis lemak dan kolesterol, ini terjadi di hati (RE kasar dan RE halus).
5. Menetralkan racun (detoksifikasi) misalnya RE yang ada di dalam sel-sel hati.
6. Transportasi molekul-molekul dan bagian sel yang satu ke bagian sel yang lain
(RE kasar dan RE halus).

Retikulum endoplasma juga memiliki fungsi khusus

diantaranya:

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Detoksifikasi
Retikulum endoplasma selain mngnadung enzim untuk sintesa lipid juga mengandung enzim detoksifikasi obat-obatan dan metabolit yang tidak larut dalam air. Enzim yang berperan dalam detoksifikassi adalah sitokrom P450. Adanya enzim ini menjadikan obat-obatan yang tidak larut air menjadi larut dalam air melalui serangkaian proses kimia sehingga dapat dikeluarkan dari tubuh lewat urine.

Menghasilkan seramida
Membran retikulum endoplasma menghasilkan seramida yang akan dibawa ke aparatus golgi sebagai bahan baku untuk sintesis gliko sfingolipida

Sintesa lipida
Pada membran retikulum endoplasma menghasilkan hampir semua macam lipida yang dibutuhkan untuk pembentukan membran yang meliputi fosfolipida dan kolesterol. Fosfolipida yang dihasilkan akan angkut oleh vesikel transpor ke membran sel, membran aparatus golgi, dan membran pada lisosom. Sedangkan fosfolipida untuk membran organel yang lain dibawa oleh proetin transfer fosfolipida.

  1. Kesimpulan

Fungsi utama RE kasar adalah sebagai tempat sintesis protein sedangkan RE halus berfungsi dalam beberapa proses metabolism yaitu sintesis lipid, metabolisme karbohidrat dan konsentrasi kalsium, detoksifikasi obat-obatan, dan tempat melekatnya reseptor pada protein membran sel.

Membran RE mampu untuk menghidroksilasi suatu substrat memberi kemampuan kepada sel dalam fungsi anabolic dan protektif.Dalam metabolism karbohidrat RE memegang peranan penting dalam sintesis glikoprotein.

Reticulum endoplasma merupakan membrane yang berlipat lipat dan dibatasi oleh ruang ruang disebut lumen. Membrane reticulum endoplasma tersusun dari lipoprotein. Berdasarkan struktur dan fungsinya, reticulum endoplasma dibedakan menjadi dua, yaitu reticulum endoplasma kasar ( REK ) dan reticulum endoplasma halus ( REH ).

Retikulum endoplasma terdiri dari tubulus-tubulus, vesikel dan kantong-kantong pipih yang menempati ruang sitoplasma. Retikulum Endoplasma merupakan bagian sel yang terdiri atas sistem membrane, memiliki struktur yang menyerupai kantungberlapis-lapis. Kantung ini disebut cisternae.

Fungsi dan Hubungan Endoplasma dg Organel Lain | medsis | 4.5