Pembahasan Mengenai Pengertian Tentang Domestikasi

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Pengertian Tentang Domestikasi

Pengertian Tentang Domestikasi

Pengertian Tentang Domestikasi

Domestikasi adalah usaha manusia untuk menjadikan hewan ternak dari hewan liar dan tanaman budi daya dari tumbuhan liar. Pada dasarnya, tindakan ini adalah memindahkan makhluk hidup dari lingkungan aslinya ke lingkungan yang diciptakan manusia. Tindakan ini dapat mengakibatkan timbulnya jenis-jenis hewan dan tumbuhan yang menyimpang dari aslinya yang mengarah terbentuknya spesies baru. Sebagai contoh, kebiasaan seseorang untuk menyilangkan dua varietas tanaman atau hewan sejenis. Melalui tindakan penyilangan tersebut, pada zaman Darwin di Inggris pernah ditemukan 150 varietas merpati. Dari varietas tersebut ditemukan varietas yang mempunyai penampakan sangat berbeda, seolah-olah spesies lain. Ada burung dara yang kepalanya bermahkota, ada yang tidak. Ada burung dara yang memiliki ekor mirip kipas dengan jumlah bulu ekor mencapai 40, sedangkan umumnya jumlah bulu ekor burung dara adalah 12. Adanya domestikasi menyebabkan terjadinya variasi yang mengarah terbentuknya spesies baru, misalnya pada anjing.

Terbentuknya spesies baru karena adanya poliploid

Pada tumbuhan, kadang meiosis berlangsung dalam keadaan tidak wajar. Misalnya, terjadi nondisjungsi atau gagal berpisah, terjadi pada anafase sehingga gamet yang dihasilkan membuahi atau dibuahi oleh sel gamet yang normal (haploid), akan menjadi keturunan yang triploid. Apabila keturunan semacam ini fertil dan dapat melakukan perkawinan dengan hibrida sesama tetraploid, maka tidak menutup kemungkinan dihasilkannya turunan yang poliploid. Dengan demikian, terbentuknya hibrida poliploid dapat terjadi karena dua hal, yaitu:

a) Autopoliploidi, yaitu peristiwa menggandakan kromosom tanpa diikuti pemisahan kromosom. Gagalnya pemisahan kromosom ini, antara lain disebabkan tidak terbentuknya benang spindel pada fase anafase. Akibat, tidak terbentuknya benang spindel, maka kromatid mengalami peristiwa gagal berpisah (nondisjunction). Selain nondisjunction, autopoliploidi juga dapat terjadi karena adanya peristiwa penggandaan (doubling) dari kromosom. Peristiwa autopoliploidi ini ditemukan pada tanaman bunga Oenothera lamarchious. Individu normal memiliki 14 kromosom akibat autopoliploidi dihasilkan Oenothera gigas yang memiliki 28 kromosom. Jenis tumbuhan tersebut apabila mengadakan persilangan akan menghasilkan keturunan yang tetap steril. Jadi, keduanya merupakan spesies yang berbeda.

b) Allopoliploidi, yaitu terbentuknya poliploid dari persilangan dua individu yang jumlah sel kromosomnya berbeda. Apabila kromosomnya membentuk sinapsis, maka akan steril. Tetapi, apabila kromosomnya berpasangan, maka akan mampu berkembang biak atau fertil. Biasanya, individu triploid (3n) tidak dapat melakukan interhibridisasi dengan kedua induknya sehingga dianggap sebagai spesies baru. Umumnya, keturunan yang terbentuk karena allopoliploidi lebih adaptif, lebih besar, dan lebih kuat. Apabila kondisi lingkungan tidak menguntungkan, maka yang akan terkena pengaruh adalah spesies diploidnya.

Daftar Istilah Daftar Istilah 

Evolusi = suatu teori yang menjelaskan bahwa makhluk terbentuk secara tiba-tiba dari benda mati. Evolusi Biokimia = suatu teori yang menjelaskan perubahan-perubahan secara perlahan-lahan tentang terbentuknya bahan-bahan organik dari bahan-bahan anorganik.

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Evolusi Biologis = suatu teori yang menjelaskan perubahan makhluk hidup dari tingkat rendah ke tingkat yang lebih tinggi secara perlahan-lahan selama jutaan tahunan.

Fosil = sisa-sisa makhluk hidup yang berusia ribuan, bahkan jutaan tahun yang telah membatu. Fosil dapat berupa batu, dapat berupa tubuh yang diawetkan secara alami.

 Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan jelas 

1. Apakah yang dimaksud dengan evolusi? Tuliskan tokoh-tokoh yang terlibat di dalamnya.

2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Homologi. Berikan contohnya.

3. Jelaskan perbedaan teori evolusi menurut Lammarck dan Darwin.

4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan hukum Hardy-Weinberg.

5. Jelaskan dua teori pokok yang dikemukakan Darwin dalam bukunya yang berjudul “On the Origin of Species by Means of Natural Selection”.

Pembahasan Mengenai Pengertian Tentang Domestikasi | medsis | 4.5