Doa untuk Seluruh Anggota Keluarga

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Doa untuk Seluruh Anggota Keluarga

Doa untuk Seluruh Anggota Keluarga

Doa untuk Seluruh Anggota Keluarga

Kita patut bersyukur untuk apa yang ada, yang terjadi, dan yang dialami dalam keluarga merupakan bukti penyertaan Tuhan bagi keluarga dan bagi dirimu. Oleh karena itu, buatlah doa syukur!

Refleksi dan Aksi

Anak-anakku, tentu kamu tidak asing dengan lagu Kasih Ibu. Sekarang, cobalah nyanyikan lagu itu dalam hati. Dengan tidak tergesa-gesa sambil merasakan makna kata-katanya. Kalau kalian terbiasa memanggil Ibu dengan panggilan lain, seperti Mama, Bunda, atau yang lain silakan mengganti kata ibu itu dengan panggilan tersebut. Sekarang, ulangi lagu tersebut dengan mengganti kata “ibu” dengan kata “bapak” atau pangilan yang biasa kamu ucapkan ayah, papi, atau yang lainnya. Perlahan rasakan maknanya. Bayangkan saat ini mereka ada di hadapanmu, dan sedang memandangmu. Tataplah mereka baik-baik, perhatikan: apakah mereka tampak gembira melihat kamu? ataukah mereka tampak jengkel saat melihatmu? Ataukah mereka tampak menyesal mempunyai anak sepertimu? Kalau demikian, apa yang akan kamu katakan kepada mereka? katakan apa saja yang ingin kamu katakan. Katakan kepada mereka: aku akan mencintai kalian senantiasa. Ulangi kata-kata itu tiga kali. Sekarang peluklah kedua orang tuamu itu. Biarlah mereka tersenyum. Bukalah matamu, lakukankah dengan nyata setiba kamu di rumah. Salah satu tindakan sederhana untuk membuktikan perhatianmu pada keluarga adalah dengan mengingat dan merayakan peristiwa-peristiwa khusus dalam keluarga. Coba tuliskan !

Doa Untuk mengakhiri pelajaran ini, marilah kita menyampaikan doa syukur kita kepada Tuhan, Allah Bapa kita. (salah satu siswa diminta membacakan doa syukur yang telah dibuatnya )

Peran Sekolah bagi Perkembanganku

Ketika Allah menciptakan manusia, sesungguhnya Allah sudah membekali manusia dengan berbagai potensi. Potensi yang sudah dianugerahkan Allah itu, bagaikan benih yang disemai oleh para petani, yang akan dapat tumbuh, berkembang, dan berbuah bilamana dipupuk dan dipelihara dengan baik. Untuk itu, Allah tidak diam saja. Allah memanggil orang-orang pilihannya untuk membantu mengembangkan potensi yang kamu miliki, yakni melalui pelayanan yang diberikan Bapak dan Ibu Guru serta semua orang yang ada di lingkungan sekolahmu. Dengan demikian, tak dapat disangkal bahwa sekolah mempunyai peran yang cukup besar dalam menumbuh kembangkan berbagai kemampuan yang kita miliki.

Guru Bak Pelita Kamu jadi pintar, menulis dan membaca Karna siapa Kamu jadi tahu, berbagai macam ilmu Karna siapa Reff. Guru bak pelita, penerang dalam gulita Jasamu tiada tara Kamu jadi pintar menulis dan membaca dibimbing pak guru Kamu jadi tahu berbagai macam ilmu Dibimbing bu guru Apa yang hendak diungkapkan dalam lagu tersebut ?

1. Pengalaman Belajar di Sekolah Doa Allah, sumber segala pengetahuan dan kebenaran, kami bersyukur kepadaMu, karena kami Kau beri kesempatan belajar di sekolah ini Bimbinglah kami agar kami dapat belajar dengan baik terutama agar melalui pengetahuan yang kami peroleh kami dapat memperkembangkan diri secara benar sehingga hidup kami dapat berguna bagi semua orang yang membutuhkan kami Amin Sekolah mempunyai peranan yang cukup besar dalam perkembangan diri seseorang. Sekolah meliputi orang-orang yang berada di lingkungan sekolah dari karyawan sekolah hingga Kepala Sekolah, dan semua peseta didik lainnya, juga perangkat pelajaran yang meliputi mata pelajaran, peralatan, dan perlengkapan belajar.

Sikap dalam Belajar Untuk mencapai keberhasilan dalam belajar di sekolah, dibutuhkan pandangan serta sikap yang tepat.

Coba menilai pandangan dan sikapmu selama ini di sekolah, dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut: a. Sikap terhadap mata pelajaran 1. Mata pelajaran apa yang paling kamu sukai? Apa alasannya?

2. Menurut pendapatmu, mata pelajaran apa yang tidak berguna bagi perkembangan dirimu? Mengapa ? b. Sikap terhadap Guru/ Kepala Sekolah/ Pekarya/ Tata Usaha. 1. Seorang Guru Bahasa Indonesia marah kepada Renata, karena pada saat ia sedang menjelaskan Renata tidak memperhatikan, malahan ia main lempar-lemparan kertas kepada temannya. Walaupun sudah diperingatkan satu kali, Renata tetap saja melakukan perbuatannya itu. Guru tersebut akhirnya menyuruh Renata keluar dari ruang kelas dan meminta supaya menghadap pada jam istirahat. Bagaimana pendapatmu tentang tindakan Guru terhadap Renata?

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

2. Suhadi sering tidak melaksanakan piket kelas. Kepada teman-temannya ia selalu mengatakan bahwa tugas membersihkan kelas itu tugas karyawan, bukan tugas siswa. Di rumahnya ia tidak pernah bersih-bersih, karena baginya itu pekerjaan orang tua atau pembantu rumah tangga. Bagaimana pendapatmu tentang sikap Suhadi ? c. Sikap terhadap teman Stefanus anak yang pandai, nilai-nilai ulangannya selalu baik. Sayang, ia kurang disenangi oleh teman-temannya, ia lebih banyak menyendiri dan tidak mau bergaul dengan teman lain, apalagi yang kemampuannya lebih rendah dari dia. Bila ada temanmu seperti itu, bagaimana pendapatmu ? d. Sikap dalam belajar “Bagi saya prestasi belajar sangat penting. Oleh karena itu saya akan belajar dengan baik, di sekolah maupun di rumah. Jangan sampai saya melakukan tindakan tidak terpuji, (misalnya mencontek) demi meraih prestasi tersebut. Sebab, bila masih kecil saja sudah terbiasa tidak jujur, apa jadinya kelak kalau sudah dewasa?” Bagaimana pendapatmu bila ada teman yang mempunyai pandangan atau sikap semacam ini?

Pandangan Gereja tentang Peran Sekolah

Gereja memandang pendidikan atau sekolah sebagai sarana yang penting untuk mengembangkan diri, sebagaimana diungkapkan Konsili Vatikan II dalam Dokumen Pernyataan Tentang Pendidikan Kristen (Gravissimum Educationis)

Artikel 1

Semua orang dari suku, kondisi atau usia manapun juga, berdasarkan martabat mereka selaku pribadi mempunyai hak yang tak dapat diganggu gugat atas pendidikan, yang cocok dengan tujuan maupun sifat-perangai mereka, mengindahkan perbedaan jenis, serasi dengan tradisi-tradisi kebudayaan serta para leluhur, sekaligus juga terbuka bagi persekutuan persaudaraan dengan bangsa-bangsa lain, untuk menumbuhkan kesatuan dan damai yang sejati di dunia. Tujuan pendidikan dalam arti sesungguhnya ialah: mencapai pembinaan pribadi manusia dalam perspektif tujuan terakhirnya demi kesejahteraan kelompok-kelompok masyarakat, mengingat bahwa manusia termasuk anggotanya, dan bila sudah dewasa ikut berperan menunaikan tugas kewajibannya

Artikel 5

Diantara segala upaya pendidikan sekolah mempunyai makna yang istimewa. Sementara terus-menerus mengembangkan daya kemampuan akal budi, berdasarkan misinya sekolah menumbuhkan kemampuan memberi penilaian yang cermat, memperkenalkan harta warisan budaya yang telah dihimpun oleh generasi-gerasi masa silam, meningkatkan kesadaran akan tata nilai, menyiapkan siswa untuk mengelola kejuruan tertentu, memupuk rukun persahabatan antara para siswa yang beraneka watak-perangai maupun kondisi hidupnya, dan mengembangkan sikap saling memahami. Kecuali itu, sekolah merupakan suatu pusat kegiatan kemajuan, yang serentak harus melibatkan keluarga-keluarga, para guru, bermacam-macam perserikatan yang memajukan hidup berbudaya, kemasyarakatan dan keagamaan, masyarakat sipil dan segenap keluarga manusia.

a. Bacalah kembali kutipan di atas dengan teliti dan tanyakanlah hal-hal yang belum dapat kamu pahami ! b. Lalu masuklah dalam kelompok kemudian rumuskan gagasan penting apa yang terdapat pada masing-masing artikel ! c. Setelah diskusi selesai, masing-masing kelompok dapat mempresentasikan hasilnya, dan kelompok lain dapat memberi tanggapan berupa pertanyaan atau komentar.

Tugas

Susun doa yang mengungkapkan syukur atas peranan orang-orang di sekolahmu, permohonan penyertaan Tuhan dalam menyiapkan masa depan dengan belajar! Ucapkanlah doa tersebut setiap kali akan belajar di rumah!

Refleksi dan Aksi Anak-anak terkasih, Kenyataan yang kalian hadapi sekarang adalah bahwa kalian saat ini bersekolah di sekolah ini. Sekolah ini akan menjadi tempat yang menyenangkan, bilamana setiap orang yang ada di sekolah ini dapat menjalankan hak dan kewajiban serta peraturan yang berlaku di sekolah ini. Cobalah mengingat kembali hak dan kewajibanmu di sekolah ini! Sejauhmana kalian sudah menjalankan dan memenuhi hak dan kewajiban itu? Sekolah juga mempunyai sejumlah peraturan! Sejauhmana peraturan itu sudah dijalankan dengan kesadaran dan ketulusan ? Tulislah hasil refleksi mu dalam buku catatanmu ! Salah satu kebiasaan baik yang perlu dipelihara adalah jangan pernah melupakan orang-orang yang pernah berjasa saat di sekolah. Maka ada baiknya kalian masih menjalin hubungan dengan guru-guru saat kamu SD. Tugasmu adalah sempatkanlah bersama teman yang lain, untuk mengunjungi guru-guru SD tempatmu belajar ! Doa Untuk mengakhiri pelajaran ini marilah kita memanjatkan doa syukur atas peran orang-orang di sekolah terhadap perkembangan hidup kita. ( salah seorang siswa membacakan doa yang telah dibuatnya dalam tugas sebelumnya)

 

Doa untuk Seluruh Anggota Keluarga | medsis | 4.5