Dampak Degradasi Tanah pada Kualitas Tanah

Dampak Degradasi Tanah pada Kualitas Tanah

Secara etimologi, degradasi berarti penurunan mutu atau kemerosotan kedudukan (Daryanto, 1997). Dalam kaitannya dengan tanah, pengertian degradasi adalah penurunan atau kemerosotan mutu tanah akibat perilaku manusia atau aktivitas alam, sehingga kondisi tanah lebih buruk dibanding sebelumnya. Degradasi tanah dapat meliputi aspek fisik, kimiawi, dan biologi tanah (Chen, 1998).

Dampak Degradasi Tanah pada Kualitas Tanah

Dampak Degradasi Tanah pada Kualitas Tanah

Sedangkan faktor-faktor yang menyebabkan degradasi adalah berkurang dan habisnya nutrisi, dan erosi tanah (IBSRAM, 1994, dalam Chen, 1998). Sebagai salah satu faktor penyebab degradasi, erosi tanah yang disebabkan oleh air dan angin merupakan bentuk terpenting dari degradasi (Chen, 1998). Menurut Suripin (2001), erosi tanah merupakan suatu proses atau peristiwa hilangnya lapisan permukaan tanah atas, baik disebabkan oleh pergerakan air maupun angin. Berarti, limpasan permukaan sebagai faktor pemicu utama erosi, pada akhirnya berakibat pada terjadinya degradasi lahan.

Degradasi tanah dapat berdampak pada menurunnya kualitas/ mutu tanah. Kualitas tanah tidak lain adalah kapasitas tanah sesuai fungsinya (Karlen et al, 1996). Apabila kapasitas fungsi tanah sudah mengalami penurunan dan tidak dapat berfungsi seperti sediakala, maka tanah tersebut telah mengalami degradasi. Kualitas tanah adalah gabungan dari sifat fisik, kimia, dan biologi yang menentukan pertumbuhan tanaman, mengatur dan membagi aliran air pada lingkungan, dan sebagai filter lingkungan yang efektif (Larson dan Pierce, 1996). Sedangkan menurut Utomo (2000), Kualitas tanah merupakan kemampuan suatu tanah, di dalam batas-batas lingkungannya, untuk berfungsi dalam kapasitasnya menghasilkan produk biologi secara berkesinambungan, mengatur tata air dan aliran larutan, memelihara dan memperbaiki kualitas lingkungan untuk kesehatan dan kenyamanan manusia dan hewan.

Rangkuman

Degradasi tanah dapat berdampak pada menurunnya kualitas/mutu tanah. Kualitas tanah tidak lain adalah kapasitas tanah sesuai fungsinya (Karlen et al, 1996). Apabila kapasitas fungsi tanah sudah mengalami penurunan dan tidak dapat berfungsi seperti sediakala, maka tanah tersebut telah mengalami degradasi. Kualitas tanah adalah gabungan dari sifat fisik, kimia, dan biologi yang menentukan pertumbuhan tanaman, mengatur dan membagi aliran air pada lingkungan, dan sebagai filter lingkungan yang efektif (Larson dan Pierce, 1996).

Rangkuman

Pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan merupakan bagian yang tidak dapat diabaikan demi keberlangsungan hidup manusia dan pembangunan berkelanjutan. Terdapat tiga unsur pokok dalam pengendalian lingkungan agar sesuai dengan peruntukannya, baik dari aspek pencemaran maupun kerusakan lingkungan. Ketiga unsur pengendalian tersebut adalah pencegahan, penaggulangan, dan pemulihan. Pencegahan pencemaran dan/atau kerusakan lingkungaan adalah upaya untuk mempertahankan kondisi lingkungan melalui caracara yang tidak memberi peluang berlangsungnya proses pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan. Penanggulangan pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan adalah upaya untuk menghentikan meluas dan meningkatnya pencemaran maupun kerusakan lingkungan. Sedangkan pemulihan kondisi lingkungan merupakan upaya yang dilakukan untuk mengembalikan kondisi lingkungan ke tingkat yang tidak rusak dan ramah lingkungan. Kesemuanya bertujuan agar lingkungan mempunyai peran dan fungsi sesuai peruntukannya.

Kasus/Permasalahan

1. Mengapa kasus pencemaran masih sering terjadi? Berikan contohnya! 2. Adakah upaya dari pemerintah untuk mencegah pencemaran? Jelaskan! 3. Sudah efektif peraturan perundangan tentang lingkungan hidup diterapkan? 4. Mengapa pembangunan perlu diorientasikan ke masa depan? 5. Adakah usaha memulihkan kerusakan lingkungan yang telah terjadi, misalnya pada pertambangan?

Kasus/Permasalahan

1. Apakah yang menjadi sumber pencemar udara? 2. Apa sajakah jenis partikel pencemar udara? 3. Dapatkah emisi gas buang diperkecil? Jelaskan. 4. Bagaimanakah cara mengetahui terjadinya pencemaran udara?

Itulah tentang bagaimana kerusakan lingkungan diantaranya tentang degradasi tanah yang berdampak pada kualitasa tanah, semoga bermanfaat !

 

Dampak Degradasi Tanah pada Kualitas Tanah | medsis | 4.5