Menulis Paragraf Deskripsi Disertai Dengan Contoh Paragraf Deskripsi

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Langkah Untuk Menulis Paragraf Deskripsi Disertai Dengan Contoh Paragraf Deskripsi

Contoh Paragraf Deskripsi

Contoh Paragraf Deskripsi

Dalam bagian ini, Anda akan berlatih Langkah Untuk Menulis Paragraf Deskripsi Disertai Dengan Contoh Paragraf Deskripsi. Sebelumnya, Anda akan melakukan observasi atau pengamatan terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan lingkungan sekitar sebagai objek. Dengan demikian, diharapkan kemampuan Anda dalam hal menulis pun akan bertambah.

Bagaimana dengan kemampuan menulis Anda? Sudahkah Anda merasa bahwa kemampuan menulis yang dimiliki sudah meningkat? Lanjutkanlah kegiatan tersebut dengan mengirimkan tulisan Anda ke media massa. Dalam pembelajaran kali ini, kemampuan menulis Anda akan kembali ditingkatkan. Kali ini, Anda akan berlatih menulis paragraf deskripsi. Akan tetapi, sebelum memulai kegiatan tersebut, sebaiknya Anda baca kembali tulisan-tulisan yang pernah dibuat. Koreksilah tulisan-tulisan tersebut agar terhindar dari kesalahan penggunaan bahasa, ejaan, konsistensi, dan kaidah-kaidah kebahasaan lainnya. Tahukah Anda pengertian dari paragraf deskripsi? Kata deskripsi berasal dari bahasa Inggris, yaitu verba to describe yang artinya menguraikan, memerikan, atau melukiskan. Paragraf ini bertujuan memberi kesan kepada pembaca terhadap objek, gagasan tempat, atau peristiwa yang ingin disampaikan penulis. Umumnya, gambaran tersebut diberikan secara visual.

Berikut ini adalah contoh paragraf deskripsi.

apangan sekolah kami berada tepat di tengah-tengah gedung sekolah. Di setiap sisi lapangan terdapat taman-taman kecil dengan aneka bunga dan tumbuhan lainnya. Lapangan tersebut berukuran setengah 100 x120 meter. Lumayan luas, bukan? Selain untuk upacara penaikan bendera, kadang kami menggunakan lapangan tersebut untuk bermain basket atau sepak bola. Di sebelah utara, tepatnya di dekat kelas kami, terdapat tiang bendera. Adapun di sebelah timur dan barat terdapat ring basket. Di bagian-bagian tertentu ada lubang yang berguna sebagai pancang tiang untuk net voli atau net sepak takraw.

Pola pengembangan paragraf deskripsi biasa digunakan agar pembaca benar-benar bisa merasakan dan melihat tempat yang dideskripsikan secara langsung. Hal ini tentunya menuntut kepiawaian penulis dalam menggambarkan suasana dan objek yang dilihat atau dialami. Adapun hal-hal yang harus Anda perhatikan saat menulis paragraf deskripsi adalah sebagai berikut. 1. Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf deskripsi berdasarkan hasil pengamatan. Misalnya, keadaan lingkungan tempat Anda tinggal sekarang. 2. Menyusun kerangka karangan. Misalnya:

Judul: Kekayaan Hutan Mangrove di Papua

1. Lokasi dan ciri-ciri mangrove di Papua – dekat sungai Ajkwa, Mimika, Papua – hutan masih lestari – untuk wisata

2. Keadaan Pulau Ajkwa – terbentuknya pulau

3. Mangrove di Pulau Ajkwa – ada beberapa spesies mangrove – di sekitar mangrove ada spesies binatang lain – hutan mangrove membentuk ekosistem baru

4. Pulau Ajkwa untuk kawasan wisata – keanekaragaman binatang – jenis-jenis burung

Perhatikanlah contoh paragraf dengan pengembangan kerangka karangan deskripsi berikut.

Kekayaan Hutan Mangrove di Papua

Pulau Ajkwa yang berada di muara Sungai Ajkwa, Mimika, Papua, merupakan salah satu dari gugusan pulau dengan hutan mangrove di dalamnya. Hutan ini belum terjamah oleh keserakahan industri seperti yang dialami oleh hutan mangrove di daerah lain. Pulau yang mulai terbentuk pada awal 1990 ini memiliki kekayaan flora dan fauna yang bisa menambah wawasan setiap pengunjung melalui wisata sambil belajar.

Masa-masa awal terbentuknya Pulau Ajkwa dimulai dari peningkatan sedimentasi yang tinggi di muara Sungai Ajkwa. Pengendapan yang intensif ini akibat dari aliran tailing yang lolos dari daerah pengendapan Ajkwa dan membentuk daratan-daratan baru di muara Sungai Ajkwa. Sebagian dari daratan ini telah ditumbuhi oleh tanaman mangrove. Berdasarkan data satelit, pulau ini mulai ditumbuhi tanaman mengrove sekitar 1997 dan baru menjadi pulau yang cukup stabil pada 2000. Tercatat dua spesies mangrove dalam kategori pohon, enam spesies mangrove dalam kategori belta, dan enam spesies mangrove dalam kategori anakan. Total spesies mangrove yang berada di pulau ini adalah empat belas spesies. Adapun kepadatan mangrove di pulau ini adalah 126 pohon/hektare, 1.051 belta/hektare, dan 643 anakan/hektare.Di samping tumbuhan, ternyata di pulau ini juga dihuni berbagai hewan air seperti crustasea (kepiting dan udang), molusca (keong), dan cacing.

Selain itu, tercatat 30 spesies crustasea, empat spesies molusca, dan tujuh keluarga cacing, yang beranak-pinak di pulau ini. Hal ini menunjukkan bahwa hewan-hewan tersebut dapat hidup dan berkembang di daerah yang mengandung tailing. Hewan-hewan tersebut tidak memiliki tulang rangka tubuh sehingga tidak dapat menyelamatkan diri jika ada ancaman lingkungan di sekitarnya. Artinya, lingkungan pulau di sekitar Sungai Ajkwa tidak tercemari limbah seperti yang dialami oleh daerah lain. Bahkan, komunitas hewan ini terus bertambah setiap waktu. Hutan mangrove di Pulau Ajkwa telah membentuk sebuah ekosistem kehidupan. Biota-biota laut yang hidup di sana memancing kedatangan berbagai jenis burung. Burung-burung di sana berwarna indah. Oleh karena itu, jika Anda ke sana, jangan lupa membawa teropong. Dari lensa teropong, dapat diamati indahnya bentuk dan warna burung yang sedang bertengger di dahan pohon. Kicauan burung pun yaring bersahut-sahutan seperti ingin meramaikan pulau yang tidak didiami oleh manusia ini. Ada yang bentuknya aneh seperti great-billed heron yang bertubuh kecil namun berparuh dan berleher panjang. Ada pula red-headed myzomela yang bulu kepala hingga buntutnya berwarna merah dengan sayap berwarna hitam. Ada juga yang seluruh anggota tubuhnya berwarna-warni milik burung rufous-night heron. Burung ini memiliki bulu kepala berwarna hitam dengan jambul berwarna putih. Bagian leher hingga perut berwarna putih namun sepasang sayapnya berwarna cokelat. Kedua kakinya berwarna kuning, semakin menambah warna-warni burung ini. Menariknya lagi, Pulau Ajkwa mungkin akan seperti pulau mati jika tidak ada burung nuri dan mangrove golden whistler. Kicauannya yang nyaring memecah kesunyian pulau ini. Mereka seperti saling bersahut-sahutan di pucuk pohon. Sumber: www.infopapua.com

Kita dapat mengamati pola pengembangan paragraf tersebut berdasarkan penempatan ide pokok. Gagasan atau ide pokok paragraf diwujudkan dalam kalimat utama. Dalam pola pengembangan paragraf deskripsi, kalimat utama ditempatkan di seluruh paragraf. Dalam hal ini, tidak terdapat kalimat khusus yang menjadi kalimat utama.

Uji Materi Contoh Paragraf Deskripsi

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

1. Buatlah kerangka karangan deskripsi.

2. Pilihlah subjek tema mengenai lingkungan sekitar Anda. Silakan Anda menggambarkan situasi lingkungan tersebut secermat dan sejelas mungkin.

3. Tulislah sebuah karangan sederhana berdasarkan pola pengembangan paragraf deskripsi.

4. Setelah selesai, lakukanlah tukar silang atas setiap hasil tulisan dengan teman Anda.

5. Lakukan penilaian atas pekerjaan teman Anda dengan menggunakan tabel .

6. Lakukan penyuntingan terhadap tulisan/karya teman tersebut.

Kegiatan Lanjutan Contoh Paragraf Deskripsi

1. Tulislah sebuah karangan deksriptif tentang tempat menarik yang pernah Anda kunjungi.

2. Setelah selesai, kumpulkan hasilnya kepada guru Anda. Guru Anda akan melakukan penilaian.

3. Karya yang dianggap terbaik akan dipajang di majalah dinding atau buletin sekolah Anda.

Info Bahasa Contoh Paragraf Deskripsi

Frasa Adjektiva Frasa lazim didefinisikan sebagai gabungan kata yang mengisi salah satu fungsi sintaksis di dalam kalimat. Perhatikan contoh kalimat berikut yang sesuai dengan isi teks Kekayaan Hutan Mangrove di Papua.

Rangkuman Contoh Paragraf Deskripsi

1. Sebagai suatu totalitas yang dibentuk oleh unsur intrinsik tertentu, puisi dapat dibagi dalam beberapa lapis yang meliputi hal berikut.

a. Terdapatnya sense atau makna dalam suatu puisi, pada dasarnya akan berhubungan dengan gambaran dunia atau makna puisi secara umum yang ingin diungkapkan penyairnya.

b. Subject matter adalah pokok pikiran yang dikemukakan penyair lewat puisi yang diciptakannya. Hutan Mangrove di Pulau Ajkwa telah membentuk sebuah ekosistem kehidupan. Biota-biota laut yang ada di sana memancing kedatangan berbagai jenis burung. Burungburung di sana berwarna indah. Sebelum membahas frasa adjektiva, ada baiknya kita mengenal adjektiva. Adjektiva adalah kata yang memberikan keterangan yang lebih khusus tentang sesuatu yang dinyatakan oleh nomina dalam kalimat. Perhatikan contoh berikut. Anak kecil meja bundar beban berat alam gaib baju merah pemain ganda Adjektiva dapat juga merupakan inti frasa yang disebut frasa adjektival. Sebagai inti frasa, adjektiva dapat diwatasi dengan berbagai pemarkah, seperti pemarkah aspektualitas dan pemarkah modalitas yang ditempatkan di sebelah kirinya. contoh: tidak bodoh tidak keras kepala harus dapat memuaskan sudah harus tenang belum dapat tertarik akan tidak rapi Adjektiva dalam frasa adjektival dapat diikuti pewatas yang berposisi di sebelah kanannya.

contoh: sakit gigi, bodoh kembali, kaya juga Frasa adjektiva ini dapat Anda gunakan dalam penulisan paragraf deskripsi. Jika ingin lebih memahami tentang adjektiva, Anda dapat membaca buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia.

Menulis Paragraf Deskripsi Disertai Dengan Contoh Paragraf Deskripsi | medsis | 4.5