Cara Tentang Membandingkan Teks Contoh Iklan Sosial

Cara Tentang Membandingkan Teks Contoh Iklan Sosial

Contoh Iklan Sosial

Contoh Iklan Sosial

Contoh Iklan Sosial – Setelah memahami isi teks iklan dari berbagai bentuk iklan, tugas kalian selanjutnya membandingkan teks iklan yang satu dengan teks iklan yang lain. Perhatikan teks iklan ini dengan teliti. Setelah itu, kerjakanlah dengan mengikuti petunjuk yang diberikan pada setiap nomor!

1) Tidak semua iklan memiliki struktur yang sama. Coba bandingkan iklan ini dengan iklan produk sejenis. Apakah kalian menemukan perbedaan struktur teks pada iklan-iklan tersebut?

3) Perhatikan dengan teliti iklan berikut ini, apa yang kalian temukan dalam iklan ini?

3) Pada iklan berikut ini, gaya bahasa seperti apakah yang kalian temukan? Uraikan jawaban kalian!

4) Iklan harus disajikan dalam bahasa yang bisa dipahami oleh khalayak sasarannya. Iklan tidak boleh menggunakan kata-kata superlatif seperti “paling”, “nomor satu”, ”top”, atau kata-kata berawalan “ter“, dan atau yang bermakna sama, tanpa secara khas menjelaskan keunggulan tersebut yang harus dapat dibuktikan dengan pernyataan tertulis dari otoritas terkait atau sumber yang otentik. Bisakah kalian temukan iklan yang masih menggunakan kata-kata superlatif seperti itu? Tulislah jawaban kalian!

5) Kalian pasti sering menjumpai iklan yang menyertakan label halal dalam kemasan produknya. Pada dasarnya, penggunaan kata ”halal” dalam iklan hanya dapat dilakukan oleh produk-produk yang sudah memperoleh sertifikat resmi dari Majelis Ulama Indonesia, atau lembaga yang berwenang. Pada produk apa sajakah label halal bisa kalian temukan?

6) Seringkali kalian akan menemukan iklan yang menggunakan kata-kata “satu-satunya”. Pada prinsipnya, iklan tidak boleh menggunakan kata-kata “satu-satunya” atau yang bermakna sama, tanpa secara khas menyebutkan dalam hal apa produk tersebut menjadi yang satu-satunya dan hal tersebut harus dapat dibuktikan dan dipertanggungjawabkan. Bisakah kalian menemukan iklan yang masih menggunakan kata-kata “satu-satunya” dalam produknya?

7) Pernahkah kalian melihat atau membaca iklan yang mencantumkan kata “gratis”? Penggunaan kata “gratis” atau kata lain yang bermakna sama sebenarnya tidak boleh dicantumkan dalam iklan, bila ternyata konsumen harus membayar biaya lain. Masihkah kalian temukan iklan yang menggunakan kata tersebut namun ternyata pelanggan harus membayar biaya lain? Jika ya, sebutkan contohnya!

8) Lihatlah iklan ini, jika iklan ini tanpa tulisan, bisakah ia menyampaikan pesannya?

Contoh Iklan Sosial

Menganalisis Teks Iklan

Pada tugas ini kalian diminta menganalisis isi teks iklan. Teks iklan yang akan kalian analisis dan cermati lebih lanjut pada pelajaran ini adalah teks iklan tertulis yang ada di media cetak.

2) Pada iklan tersebut terdapat peristiwa bahasa yang berupa penyisipan unsur yang berwujud kata-kata yakni gak. Unsur-unsur seperti ini bisa berasal dari bahasa daerah maupun bahasa asing. Coba kalian temukan peristiwa bahasa lain dalam iklan di koran, majalah,

3) Bacalah kembali isi teks iklan pada soal nomor 1. Selain daya tarik yang tercermin dalam tubuh iklan, iklan tersebut menggunakan kaidah pernyataan berisi bujukan untuk menganjurkan hal yang tertera dalam iklan tersebut. Selain kalimat yang berupa bujukan, iklan bisa berupa kalimat berita, kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat seruan, kalimat persilaan, kalimat ajakan, dan kalimat larangan. Perhatikan contoh pada nomor 1-5 lalu kerjakan nomor-nomor selanjutnya.

4) Iklan bisa berbentuk gambar, tulisan, suara, atau rangkaian dari ketiganya. Isilah kolom ini untuk mengasah kemampuan kalian dalam memahami

5) Pernahkah kalian melihat iklan yang lucu? Mengapa iklan perlu trik untuk dapat ditangkap pesannya?

6) Dalam memasarkan produknya, produsen menggunakan sarana komunikasi yang berbentuk iklan, pemasaran langsung, media interaktif melalui internet, promosi penjualan, publikasi, dan penjualan personal. Dapatkah kalian temukan sarana komunikasi yang manakah yang paling sering kalian jumpai di lingkungan kalian? Apa saja?

Contoh Iklan Sosial

7) Sasaran periklanan bisa ditentukan berdasarkan tujuannya. Tiga tujuan periklanan yakni menginformasikan (menonjolkan aspek manfaat produk), membujuk (membandingkan kelebihan produk yang ditawarkan dengan produk lain yang sejenis), dan mengingatkan (mengingatkan produkproduk yang sudah mapan). Coba berikan contoh iklan apa saja yang menonjolkan aspek manfaat produk, iklan yang cenderung membujuk, dan iklan yang hanya mengingatkan saja!

8) Pada iklan-iklan yang dimuat di media elektronik, penggunaan warna dan gambar menjadi lebih dominan. Hal ini dikarenakan ketertarikan seorang pemirsa televisi cenderung melihat kepada warna-warna yang terang dan cerah yang melambangkan keceriaan.

Iklan tersebut menggunakan dua kelompok kata benda yang fungsinya saling menguatkan pernyataan antara satu kelompok kata dengan kelompok kata lainnya.

Pada iklan tersebut, pengiklan menggunakan warna merah terang. Penggunaan warna merah bermakna pengiklan berani dan siap menyongsong masa depan dengan segala kemungkinan. Coba temukan iklan telekomunikasi lain dan deskripsikan makna warna yang digunakan pengiklan tersebut.

9) Pada teks iklan di surat kabar, ruang untuk iklan memiliki tempat tersendiri. Ada iklan yang mengisi satu halaman penuh, ada pula iklan baris yang hanya terdiri atas dua tiga baris dengan kalimat yang disingkat sedemikian rupa sehingga hanya pembaca iklan yang terbiasa membaca iklan di koran saja yang mengetahui singkatan kata tersebut. Perhatikan contoh ini.

Contoh Iklan Sosial

JUAL CPT TNH A. YANI STRTGIS PST KOTA 17X30 LT. 520 DPN DEALER MAZANTRI; 081234567891

Pada iklan baris tersebut, semua huruf dicetak dengan huruf besar. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah pembaca dan agar pembaca tidak salah mengartikan kata-kata yang ditulis dengan disingkat.

Nah, kalian sudah tahu makna kalimat pada teks iklan baris, bukan? Tugas kalian berikutnya adalah menganalisis teks iklan baris yang kalian temukan di surat kabar. Kalian bisa menganalisisnya seperti contoh tersebut.

10) Kalian pasti sering melihat baliho yang tidak berisi iklan apapun. Itu artinya belum ada pengiklan yang bersedia memanfaatkan ruang kosong di baliho tersebut. Nah, bisakah kalian mencari tahu, isi baliho yang belum ada iklannya? Tulislah dalam kolom berikut hasil dari pencarian kalian.

11) Untuk menyampaikan pesan iklan dari produsen kepada konsumen diperlukan media tertentu yang berguna untuk menghubungkan keduanya. Pemilihan media ini sangat penting karena berkaitan dengan keberhasilan perusahaan periklanan dalam melakukan strategi promosi penjualan. Media bisa berupa televisi, radio, majalah, koran, papan pengumuman, dan internet. Media manakah yang paling sering kalian gunakan untuk mengetahui suatu produk tertentu?

12) Media sebagai sarana menginformasikan suatu iklan menggunakan berbagai variasi gaya bahasa dalam mengiklankan produk. Gaya bahasa merupakan cara mengungkapkan pikiran melalui bahasa secara khas yang memperlihatkan jiwa dan kepribadian penulis. Perhatikan kalimat dalam iklan ini: “Saatnya Anda beralih ke listrik pintar”. Gaya bahasa pada kalimat ini berisi bujukan untuk melakukan sesuatu, dalam hal ini, untuk beralih dari pemakaian listrik reguler ke listrik pintar yang menggunakan pin. Gaya bahasa seperti ini akan banyak kalian temui dalam iklan. Gaya bahasa di dalam iklan akan berbeda antara satu media dengan media lainnya. Jenis gaya bahasa yang digunakan dalam iklan di televisi akan berbeda dengan gaya bahasa yang digunakan di koran. Begitu pula sebaliknya. Tugas kalian adalah mencari contoh gaya bahasa dalam iklan yang berisi bujukan untuk melakukan sesuatu. Kalian bisa menemukannya dari media koran, majalah, televisi, radio, atau baliho.

Pada kegiatan 2 ini kalian akan mengerjakan tugas-tugas agar kalian lebih mendalami teks iklan. Tugas-tugas berikut ini disusun untuk memandu kalian secara bersama-sama membangun teks iklan.

Mengevaluasi Teks Iklan Pada bagian ini kalian akan belajar cara mengevaluasi teks. Sebuah teks bisa dievaluasi dari sisi struktur teks, kebahasaan, dan isinya. Tugas kalian adalah sebagai berikut.

Contoh Iklan Sosial

1) Bacalah teks iklan berikut ini dengan cermat.

2) Setelah membaca teks iklan tersebut, tugas kalian selanjutnya adalah membentuk kelompok kecil yang terdiri atas 2-3 orang. Ketika membaca sebuah iklan, kalian pasti akan memiliki sudut pandang yang bisa saja berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Diskusikan sudut pandang kalian mengenai isi iklan tersebut dan presentasikan di depan kelas. Kelompok lain bisa menyanggah atau menyetujui sudut pandang kalian.

3) Setelah kalian selesai mempresentasikan sudut pandang kalian pada soal nomor (2), tugas kalian sekarang adalah menuliskan struktur teks iklan.

4) Bacalah kembali teks iklan tersebut. Dapatkah kalian menemukan ciri kebahasaan yang biasa muncul dalam teks iklan pada teks itu? Ciri kebahasaan apa saja yang kalian temukan?

5) Ciri kebahasaan teks berita adalah adanya kaidah pernyataan berisi bujukan untuk menganjurkan hal yang tertera dalam iklan tersebut. Selain kalimat yang berupa bujukan, iklan bisa berupa kalimat.

berita, kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat seruan, kalimat persilaan, kalimat ajakan, dan kalimat larangan. Nah, tugas kalian adalah menemukan kaidah pernyataan pada teks tersebut.

6) Sebagai alat untuk menyampaikan informasi, iklan diharapkan menggunakan bahasa Indonesia secara tepat sesuai kaidah yang berlaku. Pelanggaran kaidah gramatika dalam penggunaan bahasa Indonesia dalam iklan masih banyak terjadi. Selain penyimpangan kaidah gramatika yang berupa kelompok kata, dalam bahasa iklan pun sering dijumpai bentuk bahasa campuran, terutama dengan bahasa Inggris. Tugas kalian adalah menemukan contoh iklan yang memiliki bentuk bahasa campuran, baik campuran antara bahasa Indonesia dengan bahasa daerah maupun antara bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris. Isikan hasil pekerjaan kalian ke dalam kolom ini.

Contoh Iklan Sosial

 

 

Cara Tentang Membandingkan Teks Contoh Iklan Sosial | medsis | 4.5