Materi Contoh Cerita Cerpen Berbagai Pengalaman

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Materi Contoh Cerita Cerpen Berbagai Pengalaman

 Contoh Cerita Cerpen

Contoh Cerita Cerpen

 Contoh Cerita Cerpen – Di usianya yang masih sangat muda, Angelique Widjaja sudah meraih prestasi di tingkat dunia. Apa yang ia raih itu tentu tidak begitu saja ia dapatkan. Ia telah melewati berbagai kerja keras. Ia bahkan rela ”melewatkan” masa remajanya demi meraih prestasi yang lebih tinggi. Marilah kita menyimak pengalaman Angelique Widjaja dalam meraih prestasinya pada cabang olahraga tenis! Setelah menyimak, kalian dapat menceritakan pengalaman kalian sebagaimana yang diceritakan tokoh tersebut.

Obsesi Menembus Peringkat Sepuluh Besar Petenis putri penuh harapan, Angelique Widjaja, sudah menyabet dua gelar juara dunia junior di dua grand slam (kejuaraan dunia) yang berbeda. Baru saja dia menggondol sebuah gelar bergengsi, yakni juara Prancis Terbuka yang biasa disebut Holland Garros. Prestasi yang ditorehkannya di Negeri Napoleon Bonaparte itu merupakan gelar tertinggi yang pernah diraih petenis wanita Asia. Mahkota itu mengantar Angie menduduki peringkat kedua di nomor tunggal junior. Adapun di nomor ganda, dia menempati posisi ketiga. Tahun lalu (2001) dia merebut gelar juara di Wimbledon, Inggris. Prestasi petenis dengan tinggi 1,73 meter dan berat 62 kilogram ini pun mulai membuat orang berdecak kagum. Gelar juara tertinggi yang diraihnya adalah ketika menjuarai seri WTA Tour di Bali, yang diikuti para petenis papan atas dunia, September 2001. Angie pun menjadi petenis keenam dunia yang mampu meraih gelar seri WTA, dalam penampilan perdananya di kelompok senior. Bersamaan dengan prestasinya yang terus mengilap, rezeki pun mengalir ke pundi-pundinya. Setelah dipotong pajak, duit yang telah dikumpulkan Angie tahun 2001 sekitar Rp280 juta. Tahun 2002 uang yang diperolehnya pasti lebih besar. Akan tetapi, gadis yang kurang suka keluyuran ini belum mau membeberkannya.

 Contoh Cerita Cerpen

Ganjalan memang ada. Karena usianya yang belum genap 18 tahun, anak bungsu dari enam bersaudara ini hanya boleh bermain di 13 turnamen senior. Akhir April 2002 lalu dia melakukan tur ke Eropa untuk mengikuti sepuluh turnamen. Dari tur ini, ia berhasil mengerek peringkatnya ke posisi 92 dunia. Dengan prestasi secemerlang itu, wajar jika dia mematok target masuk dalam 20 besar dunia dalam dua-tiga tahun men-datang. Satusatunya petenis Indonesia yang pernah masuk wilayah elite ini hanyalah Yayuk Basuki, saat usianya sudah 27 tahun, pada 1997. Sebagai konsekuensi, Angie harus menghabiskan masa remajanya hanya berlatih. Ketika remaja sebayanya disibukkan menghadapi ujian sekolah, Angelique berkonsentrasi menghadapi berbagai turnamen tenis. Ketika rekan-rekannya pergi ke mal untuk sekadar nongkrong atau berkumpul-kumpul, Angie harus pergi ke lapangan untuk berlatih. Itulah hidup keseharian yang kini harus dilalui dara Bandung kelahiran 12 Desember 1984 itu. Masa remajanya mungkin tak seperti rekan-rekan pada umumnya yang bebas berbuat sekehendak hati. Angie, sebagai petenis yang mulai mencoba menekuni dunia profesional, memiliki jadwal yang ketat dan padat. Latihan fisik dan teknik pukulan pun pastinya telah banyak menyita waktunya. Meski mengaku kejenuhan kerap menghinggapinya, Angie merasa sudah melangkah jauh. ”Kadang-kadang saya memang merasa jenuh juga di tenis. Tapi, sudah sampai di sini saya tidak akan mundur lagi. Mungkin nanti kalau sudah berkeluarga.” Komitmen dan usaha keras memang menjadi modal utama para petenis top dunia. Bagi Angie, komitmen itu mulai ditapakinya. Pengorbanan masa remajanya yang untuk sebagian orang adalah masa paling indah menjadi bukti nyata. Kini, target petenis yang ditangani pelatih Deddy Tedjamukti itu adalah masuk 10 besar dunia. Mengenai obsesi untuk menembus 10 besar, dia bertekad akan berusaha dan yakin akan menggapainya. Sumber: www.tokohindonesia.com

 Contoh Cerita Cerpen

1. Ceritakan hal yang lucu, mengharukan, atau menyedihkan dari cerita Angelique Widjaja! 2. Ceritakan pengalamanmu yang lucu atau mengharukan! Ceritakan dengan ekspresi yang sesuai dengan isi cerita! 3. Tanggapilah cerita temanmu! a. Bagaimana ekspresi temanmu ketika bercerita? Apakah ekspresi itu sesuai dengan cerita? b. Bagaimana keruntutan cerita yang diceritakan?

Membaca Ekstensif Teks Nonsastra

Pada Bab II dan Bab IV, kalian telah belajar membaca ekstensif untuk menemukan ide pokok teks. Pada pelajaran kali ini, kalian akan kembali belajar membaca ekstensif untuk mencatat identitas teks dan menyarikan pokok isi setiap sumber. Tahukah kalian manfaat membaca ekstensif? Membaca ekstensif akan bermanfaat jika kalian hendak menulis artikel atau penelitian. Kalian memerlukan data yang banyak dan kalian harus membaca beberapa buku sebagai bahan tulisanmu. Dengan membaca ekstensif, kalian akan memperoleh bahan yang banyak dalam waktu yang cepat. Marilah kita membaca teks berikut! Cacatlah di dalam pikiran kalian, pokok-pokok penting yang berkaitan dengan isi teks tersebut!

 Contoh Cerita Cerpen

Mengapa Ponsel Tak Boleh Dipakai di Dalam Pesawat Terbang? Menggunakan ponsel di dalam pesawat terbang, baik sedang mengudara maupun ketika pesawat sedang berada di darat, berpotensi membahayakan keselamatan seluruh penumpang dan awak pesawat. Di samping itu, juga melanggar kepantasan dan tata krama. Ponsel harus dimatikan, tidak hanya di switch agar tidak berdering, selama berada di dalam pesawat. Ulangi: selama berada di dalam pesawat. Ini penting ditegaskan, karena banyak orang menyimpulkan sendiri bahwa ponsel hanya potensi bahaya ketika pesawat mengudara.

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Dengan memahami daftar gangguan ini, kita menyadari bahwa bukan saja ketika pesawat sedang terbang, tetapi ketika pesawat sedang bergerak di landasan pun terjadi gangguan yang cukup besar akibat penggunaan ponsel. Kebisingan pada headset para penerbang dan terputus-putusnya suara mengakibatkan penerbang tak dapat menerima instruksi dari menara pengawas dengan baik. Potensi kecelakaan masih dapat terjadi di darat ketika pesawat sedang bergerak menuju pintu embarkasi (gate) karena gangguan komunikasi.

 Contoh Cerita Cerpen

Gangguan di Darat Sebenarnya, secara teknis, penggunaan ponsel di dalam penerbangan lebih mengganggu sistem telekomunikasi di darat (terestrial) ketimbang gangguan pada sistem pesawat terbang. Seperti kita ketahui, ponsel tidak hanya mengirim dan menerima gelombang radio, melainkan juga meradiasikan tenaga listrik untuk menjangkau BTS (Base Transceiver Station). Sebuah ponsel dapat menjangkau BTS yang berjarak 35 kilometer. Artinya, pada ketinggian 30.000 kaki, sebuah ponsel bisa menjangkau ratusan BTS yang berada di bawahnya (Di Jakarta saja diperkirakan ada sekitar 600 BTS yang semuanya dapat sekaligus terjangkau oleh sebuah ponsel aktif di pesawat terbang yang sedang bergerak di atas Jakarta). Overloading terhadap BTS karena penggunaan ponsel di udara, dapat sangat mengganggu para pengguna ponsel di darat. Sebagai makhluk modern, sebaiknya kita ingat bahwa pelanggaran hukum adalah juga pelanggaran etika. Tidakkah kita malu dianggap sebagai orang yang tidak peduli akan keselamatan orang lain, melanggar hukum, dan sekaligus tidak tahu tatakrama? Sekiranya kita terbang menggunakan pesawat, bersabarlah sebentar. Semua orang tahu kita memiliki ponsel. Semua orang tahu kita sedang bergegas. Semua orang tahu kita orang penting. Namun, demi keselamatan bersama, demi sopan santun menghargai sesama, janganlah mengaktifkan ponsel selama di dalam pesawat terbang. Aktifkan ponsel Anda setelah berada di gedung terminal. Pengaruh penggunaan ponsel dalam pesawat sangat besar. Yang pasti, penggunaan ponsel dalam pesawat akan mengganggu sistem navigasi dan komunikasi pesawat. Secara lebih rinci, berikut adalah tabel yang menunjukkan jenis gangguan akibat penggunaan ponsel dalam pesawat .

 Contoh Cerita Cerpen

Setelah membaca teks di atas, kalian tentu dapat mengidentifikasi ide pokok teks. Ide pokok teks dapat disimpulkan dari beberapa ide pokok paragraf yang telah ditemukan. Kalian juga dapat menyimpulkan dari jawaban pertanyaan.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat, jelas, dan beralasan berdasarkan teks di atas! 1. Tuliskan ide-ide yang ada dalam teks tersebut! 2. Ungkapkan kembali secara singkat isi teks di atas dan fungsi setiap paragraf dalam teks itu secara keseluruhan! 3. Carilah teks lain yang sejenis dengan teks di atas dari media massa cetak! 4. Temukan persamaan dan perbedaan di antara keduanya!

 Contoh Cerita Cerpen

1. Apa sebenarnya yang diinginkan penulis melalui teks tersebut? Mengapa penilaian kalian demikian? 2. Apakah yang dikemukakan penulis dalam teks tersebut benar menurut kalian? 3. Bagaimana strategi penulis dalam menyampaikan pesannya sehingga apa yang diinginkannya dapat tercapai? Tunjukkan buktinya!

Setelah menemukan ide pokok teks, kalian tentu dapat mengungkapkan kembali isi teks dalam beberapa kalimat. Untuk itu, lakukan pelatihan berikut. Carilah lima artikel di majalah atau surat kabar bertema ”Pendidikan Keluarga”! Catatlah: a. Siapa yang menulis artikel itu. b. Tanggal berapa artikel itu dimuat. c. Di majalah atau surat kabar apa artikel itu dimuat. d. Di halaman berapa artikel itu dimuat. e. Buatlah rangkuman isi setiap artikel yang kalian temukan!

 Contoh Cerita Cerpen

 

Materi Contoh Cerita Cerpen Berbagai Pengalaman | medsis | 4.5