Cara Menyimpulkan Informasi dari Tuturan Langsung

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Cara Menyimpulkan Informasi dari Tuturan Langsung

Cara Menyimpulkan Informasi

Cara Menyimpulkan Informasi

Cara Menyimpulkan Informasi

Cara Menyimpulkan Informasi – Anda pernah mendengarkan bagaimana celoteh riangnya Indy Barends, bukan? Ya, sekarang secara langsung akan Anda dengarkan temanmu bertutur tentang Indy Barends. Tutuplah buku Anda!

Indy Barends Berupaya Menjadi Manusia Baru

Cara Menyimpulkan Informasi – Namanya pertama kali dikenal oleh masyarakat sebagai seorang penyiar radio di salah satu radio swasta di Jakarta. Dari sinilah, bintang terang Indy Barends mulai bersinar dan memberikan cahaya pada dunia hiburan Indonesia. Namun, siapa sangka awalnya menjadi penyiar adalah bukan pilihan hidupnya. “Dulu, aku itu benci setengah mati jika mendengarkan orang siaran. Aku pikir orang aneh aja yang kerjaannya bicara sendiri ngalor-ngidul, ketawa-ketawa, lalu masukin lagu, setelah itu iklan,” ujar Indy yang pertama kali bergabung dengan Hard Rock FM sebagai tenaga marketing ini.

Cara Menyimpulkan Informasi – Talentanya yang besar sebagai seorang penghibur membutuhkan ruang untuk berkembang. Bertepatan dengan itu Indosiar membutuhkan seorang presenter untuk sebuah acara keluarga. Indy dipercaya menjadi host untuk acara tersebut setelah melalui tahap seleksi. Acara yang bertajuk Talk Life ini dipandu Indy Barends selama lima tahun, dan menghasilkan Panasonic Awards sebagai pembawa acara bincangbincang wanita terbaik baginya. Belajar dari yang dilakukan, itulah hal yang selalu dilakukan ibu muda ini agar bisa dan mampu bertahan di dunianya. Kecepatannya beradaptasi dengan atmosfer dunia entertainment tidak lepas dari dukungan teman yang sekaligus gurunya. Kesuksesannya menggantikan posisi Sarah Sechan sebagai penyiar di Hard Rock berkat bimbingan Erwin Parengkuan, pasangan siarnya. Begitu pun menjadi presenter, Indy tidak pernah bisa melupakan jasa almarhum Indra Safera. “Indra adalah motor terbaik dan saya beruntung pernah belajar darinya,” ungkap Indy yang juga mengajar Public Speaking ini menjelaskan. (Sumber: Media Halo, edisi Desember 2004)

Latihan

Jawablah soal-soal berikut ini! 1. Sebutkan tokoh yang dibicarakan pada wacana di atas! 2. Ceritakan tentang talenta yang dimiliki tokoh yang dibicarakan dalam teks di atas! 3. Temukanlah kata-kata sulit yang ada dalam teks tersebut, lalu carilah artinya dalam kamus!

4. Tunjukkanlah, lalu sebutkan fakta tentang Indy Barends yang terdapat pada teks tersebut! 5. Bagaimana pandangan/pendapat Indy Barends terhadap profesi penyiar radio sebelum ia terjun menjadi penyiar? Jelaskan!

Menanggapi Informasi 

Cara Menyimpulkan Informasi – Anda bisa memeroleh beragam informasi dari bermacam-macam media, baik elektronik maupun cetak. Apabila Anda mendengar berita melalui siaran televisi atau radio, ataupun membaca sebuah berita/artikel dalam surat kabar, cobalah cermati isi berita itu. Anda mungkin saja ingin mengkritisi informasi tersebut. Apabila kita terdorong untuk mengkritisi informasi dari media cetak dan elektonik, sebaiknyalah kita melakukannya dengan cara dan bahasa yang baik serta santun. Jangan sampai ada yang tersinggung atau salah paham hanya karena gaya kita menyampaikan kritik kurang simpatik. Selain itu, kita juga harus mempunyai bukti atau fakta pendukung dan alasan yang logis sehingga kritikan kita itu menjadi suatu pendorong untuk memperluas wawasan (kritik membangun). Anda (pemberi informasi) bisa saja tidak setuju dengan opini itu, tetapi ketidaksetujuan Anda itu harus didukung oleh fakta yang kebenarannya dapat dibuktikan.

Contoh Indy Barends mendapatkan penghargaan Panasonic Award setelah ia meniti kariernya selama lima tahun. (fakta) Kecepatan Indy Barend beradaptasi dengan atmosfer dunia entertainment juga tidak terlepas dari dukungan teman-temannya. (opini)

Berilah kritikan Anda terhadap pernyataan di bawah ini dengan mengungkapkan fakta pendukung kritikan Anda. Ungkapkanlah dalam bahasa yang lugas, tegas, dan pilihan kata yang tepat! 1. Petani berhak mendapat harga jual gabah yang besar. 2. Pemerintah lebih baik memusatkan pembangunan pada bidang pertanian sesuai dengan keadaan negara kita yang agraris. Latihan 2 3. Penyemprotan pestisida pada tanaman sayuran dan buah-buahan perlu dilakukan karena dapat menghindari hama dan gulma. 4. Masyarakat desa boleh membunuh babi hutan yang telah merusak perkebunan mereka. 5. Sebelum masa panen tiba, ada kalanya petani menjual hasil pertaniannya kepada lintah darat.

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Membaca Memindai Buku Berindeks

Cara Menyimpulkan Informasi – Membaca memindai adalah membaca selayang pandang untuk menemukan informasi yang Anda cari. Membaca memindai dilakukan ketika membaca buku berindeks, seperti kamus, buku telepon, atau eksiklopedi. Buku tersebut disusun secara alfabetis berdasarkan urutan abjad dan di dalamnya selalu terdapat indeks atau petunjuk agar pembaca dengan mudah menemukan informasi yang dicarinya.

Sebagai gambaran, apabila Anda membuka salah satu halaman kamus, Anda akan menemukan kata yang terletak pada sudut kiri atau kanan atas. Kata yang terletak pada sudut kiri atas merupakan kata pertama yang diuraikan pada halaman tersebut. Kata yang terletak pada sudut kanan atas merupakan kata terakhir yang diuraikan pada halaman tersebut. Hal tersebut juga berlaku dalam mencari informasi pada buku telepon dan buku lain yang berindeks. Buku yang baik dan memenuhi standar adalah buku yang menyertakan indeks di dalamnya. Indeks dalam sebuah buku berisi kosakata-kosakata penting atau kata-kata kunci beserta lokasi/halaman di mana kosakata tersebut berada dalam buku. Indeks biasanya ditempatkan di bagian akhir buku sebelum daftar pustaka. Indeks berguna untuk menelusuri informasi spesifik dalam sebuah buku, misalnya informasi mengenai sebuah teori berikut pencetusnya.

Sebagai latihan, Anda perlu membaca buku/teks berindeks dengan cara membaca memindai. Berikut dijelaskan tentang cara menggunakan indeks dalam mencari suatu informasi. Perhatikan daftar indeks di samping! Bagaimana cara membaca dan memahami penggunaan daftar indeks tersebut? Kata Abiogenesis, terdapat pada halaman 2. Pada halaman tercantum: “Teori Abiogenesis = Generatio Spontanea. Teori ini dikemukakan oleh Aristoteles, (bangsa Yunani). Isi teori: Makhluk hidup berasal dari benda mati yang terbentuk secata spontan.” Kata Basidium ditemukan pada halaman 130. Di sana tertulis “Basidomycetes bereproduksi dengan komidia dan sporadium yang dibuat oleh Basidium”. Kata Cambium ada pada halaman 46. Pada halaman tersebut tertulis: “Bila antara xylem dan phloem terdapat jaringan meristematis yang disebut cambium, maka ikatan pembuluh tersebut disebut ikatan pembuluh terbuka”. Pada halaman 10 ada istilah difusi. Istilah ini terdapat pada kalimat: “Difusi adalah perpindahan partikel zat padat atau gas dari hyper ke hypo”.

Jawablah soal-soal di bawah ini dan tulis pada lembar kerja Anda! 1. Jelaskan cara membaca teks berindeks dan sebutkan manfaatnya bagi pembaca! 2. Bacalah sebuah buku berindeks! 3. Bacalah informasi yang terdapat pada halaman yang dirujuk pada daftar indeks! Latihan 3 Cerpen adalah karangan pendek yang pada umumnya mengisahkan masalah yang sederhana dan menceritakan peristiwa-peristiwa yang dialami tokoh secara singkat. Unsur-unsur cerpen terdiri atas dua bagian, yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstinsik. Unsur Intrinsik 1. Tema, adalah gagasan yang menjalin struktur iai cerita. 2. Alur (plot), merupakan pola pengembangan cerita yang terbentuk oleh hubungan sebab akibat. 3. Latar atau setting, merupakan tampat, waktu, dan suasana yang digunakan dalam suatu cerita. 4. Penokohan, adalah cara pengarang menggambarkan dan mengembangkan karakter tokoh-tokoh dalam cerita. Abiogenesis, 2 Basidium, 130 Cambium, 46 Difusi, 10 Fototropi, 125 Isolasi, 333 4. Tulislah isi informasi yang terdapat pada halaman yang dirujuk pada daftar indeks! 5. Rangkumlah isi informasi yang diperoleh dari halaman-halaman rujukan tersebut dalam beberapa kalimat!

5. Sudut pandang (point of view), adalah posisi pengarang dalam membawakan cerita. 6. Amanat, merupakan ajaran moral atau pesan didaktis yang hendak disampaikan pengarang kepada pembaca melalui karyanya itu.

Unsur Ekstrinsik 1. Latar belakang pengarang, seperti pendidikan, kondisi keluarga, jenis kelamin, usia, dan sebagainya. 2. Waktu dan tempat penulisan karya cerpen tersebut. Kali ini kita akan memainkan peran sebagai cerpenis dengan cara mengingatingat kejadian yang kita alami. Kita dapat menyusun pertanyaan yang sebenarnya akan dijawab oleh kita sendiri. Misalnya, yang akan menulis cerpen bernama Andini dan pengalaman hidupnya. Misalnya, menceritakan pengalamannya (pertemanannya) dengan Rangga dan Sinta.

Berikut ini contoh cerpen yang diambil dari surat kabar.

Akhir dari Sebuah Awal Yuniskha Tri Adona

Sudahlah, aku sudah capek. Aku sudah lelah dengan semua ini. Aku sudah lelah dengan hidup ini. Aku ingin mengakhiri hidup ini untuk selamanya. Rumahku selalu ramai oleh pertengkaran ayah dan ibuku. Kuliahku berantakan. Teman-temanku membenciku. Mereka bilang aku adalah anak yang sombong.

Saudara-saudara ayah dan ibuku tak mau tahu tentang mereka. Rumahku seperti neraka bagiku. Kampus seperti neraka bagiku. Dunia adalah neraka bagiku. Sudahlah, aku sudah capek nilai semesterku jeblok. Aku dimarahi orang tuaku lagi. Tinggal dua hari lagi aku akan di drop-out dari kampus. Sudah begitu, jalanan macet lagi. Aku memandangi setir mobilku dengan pandangan kosong. Tiba-tiba ada yang menyapaku. “Mbak, ngelamun aja. Ayamku aja ngelamun terus, besoknya mati lho Mbak…” Seorang tua, sepertinya sudah 50 tahunan. Dia mengendarai motor, tepat di samping mobilku. Mobil-mobil berseliweran di sampingnya dari arah berlawanan. Dia tersenyum kepadaku. “Macet ya Mbak, tapi nggak usah terlalu dipikirin, toh sampeyan adem-adem saja di dalam mobil. Lha saya ini pake sepeda motor, kepanasan, he he he…” Siapa orang tua ini, pikirku. Aku buka jendela mobilku dan aku balas senyumannya. “Mbak, gak usah dipaksakan senyumnya. Saya sudah tua, saya tahu persis batin seseorang hanya dari mukanya. Mbak kelihatan sedih, kenapa?” tanyanya tiba-tiba. “Ah, nggak kok Pak,” jawabku tekejut, kok dia tahu ya? “Iya nih Pak, aku lagi suntuk, rasanya mau mati aja,” jawabku. Pikirku, Iho kok malah curhat? “Lho, ngapain mati segala, ada masalah toh? Sampeyan kan masih muda, tenang aja Mbak, semua masalah ada jalan keluarnya kok,” jawabnya santai. “Masalahku udah sangat besar sekali Pak. Rasanya, aku sudah nggak kuat lagi. Sudah nggak ada jalan keluar lagi,” kataku sambil terisak-isak.

Selengkapnya Penulis adalah pelajar UNESA Sumber: www.jawapos.co.id/Senin, 26 Mei 2008

Cara Menyimpulkan Informasi dari Tuturan Langsung | medsis | 4.5