Cara Cara Membuat Peta Yang Baik dan Benar

Cara Cara Membuat Peta Yang Baik dan Benar

Cara Cara Membuat Peta

Cara Cara Membuat Peta

Cara Cara Membuat Peta – Untuk membuat suatu peta, ada tiga tahapan proses yang harus dilakukan, yaitu pengumpulan data, pengolahan data, dan penyajian kembali data itu dalam bentuk grafis (peta).

Cara Cara Membuat Peta – Secara sederhana, metode pengumpulan data lapangan dapat diperoleh denganpengukuran metode kompas dan pita ukur atau meteran.

1. Membuat Peta dengan Kompas dan Pita Ukur Untuk membuat peta suatu daerah diperlukan alat-alat kerja dan tahapan-tahapan kerja yang sistematis. Alat-alat yang diperlukan diantaranya adalah kompas, pita ukur, pensil, pulpen, kertas, dan busur.

• Kompas adalah alat untuk menentukan arah mata angin. Kompas yang digunakan adalah kompas yang mempunyai panah penunjuk, seperti kompas geologi yang dapat dipakai untuk mengukur besar arah dan besar kemiringan lereng.

• Pita ukur yang digunakan adalah meteran minimal 20 – 50 m atau memakai tali yang sudah diberi tanda tiap satu meternya.

• Adapun pensil, pulpen, busur derajat dan kertas untuk mencatat dan menggambar objek-objek yang dipetakan.

Mengenal Kompas Kompas

Cara Cara Membuat Peta – geologi merupakan alat untuk menentukan arah mata angin berdasarkan derajat dengan 00 dan 3600 berada pada arah utara (north) angka 900 pada huruf E yaitu timur (east), 2700 pada huruf W yaitu arah barat (west), dan 1800 pada huruf S yaitu arah selatan (south). Jarum kompas selalu menunjuk arah utara-selatan yang sesuai dengan arah peta pada umumnya bahwa utara berada di atas, sedangkan untuk arah barat dan timur pada kompas letaknya kebalikan dengan arah sebenarnya, yaitu barat pada kompas akan berada di sebelah timur dan sebaliknya. Tetapi hal ini, justru akan memberikan arah mata angin yang sebenarnya jika panah kompas diarahkan pada arah mata angin yang dituju.

Cara Cara Membuat Peta – Jika anak panah kompas diarahkan ke barat, jarum kompas yang selalu mengarah ke utara akan tepat berada pada huruf W, yaitu arah barat (2700 ), dan jika anak panahnya diarahkan ke timur laut, jarumnya akan menunjuk ke angka 450 antara N (utara) dan E (timur), yaitu arah timur laut.

Langkah-langkah pembuatan peta dengan kompas dan meteran

Cara Cara Membuat Peta – adalah sebagai berikut. a. Lakukanlah recognize, yaitu survey pendahuluan untuk pengenalan lokasi yang akan dipetakan. Pada tahapan ini, yang perlu diperhatikan adalah objek-objek penting yang akan dipetakan, seperti saluran air, jaringan jalan dan kenampakan khas lainnya seperti gedung sekolah, gedung kantor pemerintahan, dan lain-lain. b. Gambarkan objek-objek penting pada daerah yang sudah disurvey tersebut dalam benak kalian. Gambaran peta dalam benak kalian ini disebut peta mental.

Cara Cara Membuat Peta – Kemudian gambarkan peta mental kalian dalam bentuk sketsa tanpa skala. Hal yang penting pada sketsa ini adalah posisi objek-objek yang digambarkan tepat seperti di lapangan. c. Kemudian tahapan selanjutnya adalah melakukan pengukuran lapangan. Pada tahapan ini, siapkan lembar pencatatan data hasil pengukuran agar mudah dibaca.

Adapun tahapan pengukuran objek di lapangan adalah sebagai berikut.

a. Tentukan lah titik awal, misalnya titik a. Kemudian buatlah lintasan tertutup yang melewati objek-objek yang akan dipetakan dengan titik akhir berada di titik a lagi. b. Lakukan pengukuran arah dengan kompas dari titik a ke b.titik b. Caranya, berdirilah dititik a, kemudian arahkan anak panah kompas penunjuk objek ke temanmu yang berdiri di titik

b. Catat hasilnya

c. Ukurlah jarak dari titik a ke titik b dengan meteran. Catat jarak tersebut pada kolom jarak sesungguhnya di lapangan.

Jika keadaan medannya datar, maka jarak pada dapat dicatat langsung sesuain dengan skalanya. Jika medannya miring, maka dikonversikan dengan rumus phitagoras seperti penjelasan pada info geo tentang skala.

d. Lakukanlah pengukuran tersebut dari titik ke titik sampai kembali ke titik a. kemudian lakukan pengukuran arah dan jarak pada objek-objek penting dari titik poligon yang sudah diketahui.

e Dalam pengukuran lapangan, sketsa awal harus dibawa kemudian direvisi sesuai data yang diperoleh dari hasil pengukuran di lapangan. Kemudian salin kembali peta tersebut dalam kertas dengan letak objek yang sudah benar dan skala yang sudah ditentukan dari hasil pengukuran lapangan.

 

Cara Cara Membuat Peta Yang Baik dan Benar | medsis | 4.5