Merancang Taktik dan Strategi Perlombaan Cabang Atletik

Merancang Taktik dan Strategi Perlombaan Cabang Atletik

Cabang Atletik

Cabang Atletik

Cabang Atletik – Menganalisis Taktik dan Strategi Perlombaan Lempar

Cabang Atletik – Taktik perlombaan diartikan sebagai suatu siasat yang dijalankan oleh perorangan, terhadap lawan dengan tujuan dalam rangka memenangkan pertandingan secara sportif. Teknik perlombaan lempar meliputi: ayunan tangan, gerakan kaki, pelepasan, awalan. Agar kalian memahami taktik sambil strategi perlombaan dalam perlombaan lempar, lakukanlah aktivitas belajar berikut ini:

1) Aktivitas Belajar I

Cabang Atletik – Cobalah kalian lakukan dan analisis perlombaan lempar lembing: a) Setiap orang memegang lembing masing-masing b) Pemain melempar lembing sebanyak 4 kali. c) Kalian dapat melakukan perlombaan tersebut dengan lembing tertentu tergantung dengan jenis kelamin dan banyak lembing. d) Lemparan yang terjauh dalam 4x kesempatan dinyatakan pemenang. e) Lakukan perlombaan itu dengan sungguh-sungguh sambil menerapkan nilai sportivitas, kerjasama, toleransi, dan disiplin.

2) Aktivitas Belajar 2

Cabang Atletik – Cobalah kalian lakukan dan analisis perlombaan lempar cakram: a) Setiap orang memegang cakram masing- masing b) Pemain melempar cakram sebanyak 4 kali. c) Kalian dapat melakukan perlombaan tersebut dengan cakram tertentu tergantung dengan jenis kelamin dan banyak cakram. d) Tinggi tali dapat disesuaikan. e) Lemparan yang terjauh dan melewati tali/net dalam 4x kesempatan dinyatakan pemenang. f) Lakukan perlombaan itu dengan sungguh-sungguh sambil menerapkan nilai sportivitas, kerjasama, toleransi, dan disiplin.

Merancang Taktik dan Strategi Perlombaan Atletik

1. Merancang Taktik dan Strategi Perlombaan Jalan Cepat Pada sub-bab sebelumnya kalian sudah dapat menganalisis dan mengidentifikasi berbagai taktik dan strategi perlombaan jalan cepat dalam atletik sederhana. Pada sub-bab ini, kalian diharapkan dapat merancang taktik dan strategi perlombaan jalan cepat yang sederhana. Pelajari dan perhatikanlah aktivitas belajar perlombaan jalan cepat berikut ini: 1) Perlombaan dilakukan secara individual. 2) Rancanglah taktik dan srategi jalan cepatmu agar dapat bersaing dalam perlombaan tersebut. 3) Setelah rancangan taktik dan strategi dibuat, lakukan perlombaan jalan cepat dengan mengikuti lintasan yang telah ditentukan gurumu sebanyak 10 putaran 4) Pejalan cepat yang dapat menyelesaikan waktu tercepat adalah pemenang 5) Lakukan perlombaan itu dengan sungguh-sungguh sambil menerapkan nilai sportivitas, kerjasama, toleransi, dan disiplin.

Merancang Taktik dan Strategi Perlombaan Lari Cepat

Pada sub-bab sebelumnya kalian sudah dapat menganalisis dan mengidentifikasi berbagai taktik dan strategi perlombaan lari dalam atletik. Pada sub-bab ini, kalian diharapkan dapat merancang taktik dan strategi perlombaan lari yang sederhana.

Pelajari dan perhatikanlah aktivitas belajar lompat berikut ini: 1) Perlombaan dilakukan secara individual. 2) Rancanglah taktik dan srategi lari cepatmu agar dapat bersaing dalam perlombaan tersebut. 3) Setelah rancangan taktik dan strategi dibuat, lakukan perlombaan lari cepat dengan mengikuti lintasan yang telah ditentukan gurumu. 4) Pelari yang dapat menyelesaikan waktu tercepat adalah pemenang. 5) Lakukan perlombaan itu dengan sungguh-sungguh sambil menerapkan nilai sportivitas, kerjasama, toleransi, dan disiplin.

Merancang Taktik dan Strategi Perlombaan Lompat

Pada sub-bab sebelumnya kalian sudah dapat menganalisis dan mengidentifikasi berbagai taktik dan strategi perlombaan lompat dalam atletik. Pada sub-bab ini, kalian diharapkan dapat merancang taktik dan strategi perlombaan lompat yang sederhana. Pelajari dan perhatikanlah aktivitas belajar lompat berikut ini: 1) Perlombaan lompat dilakukan secara individual. 2) Rancanglah taktik dan strategi yang dapat dilakukan agar mendapat lompatan yang paling baik. 3) Setelah rancangan taktik dan strategi lompat tersusun, maka perlombaan dilakukan dengan satu persatu pelompat melakukan lompatan sebanyak 2 kali. 4) Pelompat yang melakukan lompatan terjauh dinyatakan pemenang. 5) Lakukan perlombaan itu dengan sungguh-sungguh sambil menerapkan nilai sportivitas, kerjasama, toleransi, dan disiplin.

Merancang Taktik dan Strategi Perlombaan lempar

Pada sub-bab sebelumnya kalian sudah dapat menganalisis dan mengidentifikasi berbagai taktik dan strategi perlombaan lempar dalam atletik. Pada sub-bab ini, kalian diharapkan dapat merancang taktik dan strategi perlombaan lempar yang sederhana. Pelajari dan perhatikanlah aktivitas belajar lempar berikut ini: 1) Peganglah cakram atau lembing masing-masing 2) Rancanglah taktik dan strategi lemparan agar diperoleh jarak yang terbaik. 3) Setelah rancangan tersusun, lakukanlah perlombaan melempar cakram atau lembing dengan cara satu persatu pelempar sebanyak masing-masing 2 kali atau sesuaikan dengan keadaan alat dan lapangan yang ada di sekolah. 4) Lemparan yang terjauh dalam 2 kali kesempatan menjadi lemparan terbaik. 5) Pelempar yang melakukan lemparan terjauh dinyatakan pemenang. 6) Lakukan perlombaan itu dengan sungguh-sungguh sambil menerapkan nilai sportivitas, kerjasama, toleransi, dan disiplin.

 

Merancang Taktik dan Strategi Perlombaan Cabang Atletik | medsis | 4.5