Taktik dan Strategi dalam Permainan Bola basket

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Taktik dan Strategi dalam Permainan Bola basket

Bola basket adalah suatu permainan yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri atas 5 orang pemain.

Bola basket – Jenis permainan ini bertujuan untuk mencari nilai atau angka sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola ke ring lawan dan mencegah lawan untuk mendapatkan nilai.

Bola basket

Bola basket

1. Menganalisis Taktik dan Strategi dalam Permainan Bolabasket a. Pola Penyerangan dalam Permainan Bolabasket Pola penyerangan dalam permainan bolabasket adalah usaha yang dijalankan untuk menerobos daerah pertahanan lawan, sehingga dapat membuahkan hasil atau angka.

Bola basket  – Pola-pola penyerangan adalah sebagai berikut:

1) Penyerangan Bebas (gerakan off the ball) Penyerangan bebas adalah penyerangan tanpa bola yang sangat bergantung dari penguasaan teknik, taktik dan kesempurnaan fisik setiap anggota tim yang baik. Meskipun bebas, namun penyerangan ini harus tetap ada koordinasi dan kerjasama antar pemain, sehingga terwujud adanya saling pengertian tiap pemain.

2) Penyerangan Kilat (fastbreak) Dasar penyerangan kilat adalah dengan 2 atau 3 operan harus sudah melakukan tembakan. Serangan kilat merupakan usaha untuk memperoleh posisi tembakan, pada saat lawan belum sempat menempati posisi jaganya. Serangan kilat merupakan senjata yang sangat baik untuk menghancurkan pertahanan lawan.

3) Penyerangan Kilat Berpola Serangan kilat berpola dimulai dengan adanya situasi-situasi tertentu, misalnya; dari bola loncat, lemparan ke dalam, dll.

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

4) Penyerangan Berpola (patern) Penyerangan berpola adalah penyerangan dengan mengatur setiap pemain yang mempunyai tugas-tugas tertentu dan menguasai jalur-jalur gerakan. Pergerakan pemain dan bola ditentukan dengan pasti, sehingga tim memperoleh serangan-serangan yang teratur dan sangat menghemat tenaga. Penyerangan berpola sangat baik dilakukan bila setiap pemain sukar menembus penjagaan lawan, serta usaha-usaha untuk memperlambat permainan.

b. Pola Pertahanan dalam Permainan Bolabasket

Pola pertahanan adalah suatu usaha yang dijalankan oleh tim bertahan dalam rangka menghalau serangan lawan.

Unsur-unsur pelaksanaan pola pertahanan adalah sikap jaga, olah kaki untuk memenangkan langkah ketika melakukan pertahanan, dasar-dasar umum dalam penjagaan, posisi jaga dan pembagian daerah, dan pertahanan bersama. Macam-macam bentuk pertahanan bersama antara lain sebagai berikut:

1) Pertahanan daerah (zone deffence) Pada pertahanan daerah, setiap pemain diberi tugas menjaga daerah tertentu. Mengingat susunannya, maka pertahanan daerah disebut pertahanan daerah 2-1-2, 2-3, 3-2, 1-2-2, dan 2-2-1. 2) Pertahanan satu lawan satu (man to man) Pertahanan satu lawan satu adalah pertahanan dengan menugaskan setiap orang untuk menjaga seorang lawan. Macammacam pertahanan satu lawan satu adalah sebagai berikut: a). Pertahanan satu lawan satu dengan tetap b). Pertahanan satu lawan satu dengan ganti jaga c). Pertahanan satu lawan satu dengan penolong

Aktivitas Belajar Analisis Taktik dan Strategi

Penyerangan Bolabasket cobalah kalian lakukan dan analisis taktik dan strategi penyerangan dalam permainan bolabasket 3 lawan 2 berikut ini: 1) Permainan dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing tim beranggotakan 3 orang sebagai penyerang dan 2 orang sebagai penghalang. 2) Tugas 3 orang penyerang adalah mencetak angka dengan saling passing dan memasukkan bola ke dalam ring. 3) Tugas 2 orang penghalang adalah mencoba menghalangi penyerang dengan merebut bola agar tidak dapat mencetak angka. 4) Tim penyerang berusaha memasukkan bola ke dalam ring dengan mengoper kepada 2 orang temannya. 5) Tim penghalang berusaha merebut bola dari 3 orang penyerang. 6) Apabila tim penyerang mampu memasukkan bola ke dalam ring, maka tim penyerang mendapatkan poin. Sedangkan apabila bola mampu direbut oleh lawan, maka poin untuk tim lawan. 7) Tim yang paling banyak mendapatkan poin dalam waktu 5 menit adalah pemenangnya

Aktivitas Belajar Analisis Taktik dan Strategi Pertahanan Bolabasket

1) Buatlah kelompok dengan jumlah 5 orang untuk masing-masing kelompok. 2) Buatlah kelompok tersebut dalam dua bagian, yaitu: 2 orang sebagai penyerang dan 3 orang sebagai bertahan. 3) Lakukanlah tim penyerang (2 orang) untuk menyerang ring/ basket dan tim bertahan (3 orang) mempertahankan ring/basket supaya tidak kemasukan. 4) Diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan beriktu: Bagaimanakah cara mempertahankan daerah dari serangan depan, samping kanan dan kiri ring/basket? manakah yang lebih efektif mempertahankan ring/basket dari serangan depan, samping kanan atau kiri ring/basket? Apakah mempertahankan ring/ basket memerlukan kerjasama? dan pertanyaan lainnya. 5) Lakukanlah permainan 2 lawan 3 tersebut dengan menerapkan disiplin, percaya diri, dan saling menghargai. 6) Perhatikanlah bahwa guru akan menilai kemajuan belajarmu selama melakukan aktivitas belajar ini.

 

Taktik dan Strategi dalam Permainan Bola basket | medsis | 4.5