Bentuk – Bentuk Badan Usaha Milik Negara

Bentuk-Bentuk Badan Usaha Milik Negara

Bentuk Badan Usaha – Sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 17 tahun 1967, perusahaan negara digolongkan dalam tiga bentuk usaha negara, yaitu sebagai berikut.

Bentuk Badan Usaha

Bentuk Badan Usaha

a. Perusahaan Jawatan (Perjan) atau Departemen Agency Perjan adalah perusahaan negara yang modalnya setiap tahun ditetapkan dalam APBN, bagi departemen yang bersangkutan.

Bentuk Badan Usaha – Ciri-ciri Perjan antara lain: – pengabdian/pelayanan kepada masyarakat (public service), – sebagai bagian dari departemen/dirjen/direktorat/ pemerintah daerah, – dipimpin oleh seorang kepala, – memperoleh fasilitas negara, – pegawainya pegawai negeri, – pengawasan dilakukan baik secara hirarki maupun secara fungsional seperti bagian-bagian dari suatu departemen/ pemerintah daerah.

b. Perusahaan Umum (Perum) atau Public

Corporation Perum adalah perusahaan negara yang modal seluruhnya milik negara (berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan).

Bentuk Badan Usaha – Contoh: Perum Husada Bakti, Perum Pegadaian, Perum Pelayaran, dan sebagainya. Ciri-ciri Perum antara lain: – melayani kepentingan umum, – umumnya bergerak dibidang jasa vital (public utility), – dibenarkan memupuk keuntungan, – berstatus badan hukum, – mempunyai nama dan kekayaan sendiri serta kebebasan bergerak seperti perusahaan swasta, – hubungan hukumnya diatur secara hubungan hukum perdata, – modal seluruhnya dimiliki oleh negara dan kekayaan negara yang dipisahkan, – dipimpin oleh seorang direksi, – pegawainya adalah pegawai perusahaan negara, – laporan tahunan perusahaan, disampaikan kepada pemerintah.

c. Perusahaan Perseroan (Persero) atau Public State

Bentuk Badan Usaha – Company Persero adalah perusahaan negara yang modalnya terdiri dari saham-saham yang dimiliki oleh pemerintah (seluruh atau sebagian besar), yang bergerak di bidang produksi dengan tujuan mencari laba. Contoh: PT Telkom, PT Pos Indonesia, PT Semen Gresik, PT BRI, dan PT Bank Mandiri. Ciri-ciri Persero antara lain: – memupuk keuntungan (profitability), – sebagai badan hukum perdata (yang berbentuk PT), – hubungan usahanya diatur menurut hukum perdata, – modal seluruhnya atau sebagian merupakan kekayaan negara yang dipisahkan (dimungkinkan joint dengan swasta nasional/asing), – tidak memiliki fasilitas-fasilitas negara, – dipimpin oleh seorang direksi, – status pegawainya sebagai pegawai perusahaan swasta, – peranan pemerintah sebagai pemegang saham.

Bentuk Badan Usaha

Badan Usaha Milik Daerah

Bentuk Badan Usaha – Perusahaan daerah adalah perusahaan yang modalnya berasal dari kekayaan daerah yang dipisahkan, baik yang didirikan oleh pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota. Perusahaan daerah bergerak di bidang usaha umum yang menguasai hajat hidup orang banyak.

Contoh badan usaha yang dikelola oleh pemerintah daerah adalah PDAM, PD Sari Petojo Solo, PD Pasar Jaya Jakarta, Bank Jateng, Bank Jabar, Bank DKI, dan Bank Jatim.

Berdasarkan UU RI Nomor 32 Tahun 2004, tentang Pemerintah Daerah, sektor-sektor yang dikelola daerah antara lain sebagai berikut. 1. Perencanaan dan pengendalian pembangunan. 2. Perencanaan, pemanfaatan, dan pengawasan tata ruang. 3. Penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat. 4. Penyediaan sarana dan prasarana umum. 5. Penanganan bidang kesehatan. 6. Penyelenggaraan pendidikan. 7. Penanggulangan masalah sosial. 8. Pelayanan bidang ketenagakerjaan. 9. Fasilitas pengembangan koperasi, usaha kecil dan menengah. 10. Pengendalian lingkungan hidup. 11. pelayanan pertahanan. 12. Pelayanan kependudukan dan catatan sipil. 13. Pelayanan administrasi umum pemerintahan. 14. Pelayanan administrasi penanaman modal. 15. Penyelenggaraan pelayanan dasar lainnya. 16. Urusan wajib lain yang diamanatkan peraturan perundangundangan.

Penggabungan Badan Usaha

Penggabungan atau kombinasi badan usaha adalah kerja sama beberapa perusahaan atau badan usaha yang semula berdiri sendiri-sendiri. Dalam praktik sehari-hari, sering terjadi beberapa badan usaha yang pada mulanya berdiri sendiri bergabung menjadi satu. Gabungan ini ada yang bersifat kekal dan ada pula yang bersifat sementara.

Tugas

Sebutkan badan usaha-badan usaha di daerah tempat tinggalmu yang dikelola oleh pemerintah daerah!

Terima Kasih telah berkunjung di web kami !

Silahkan share jika perlu di share !

Bentuk – Bentuk Badan Usaha Milik Negara | medsis | 4.5