Aturan Latihan Musik Yang Baik

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Aturan Latihan Musik Yang Baik

Aturan Latihan Musik Yang Baik

Aturan Latihan Musik Yang Baik

Menanya

Sewaktu kamu berlatih musik selama ini, apakah kamu telah melakukan hal-hal berikut ini?

a. Hindari ngobrol selama latihan. Berbicaralah hanya kalau diminta oleh pelatih.

b. Jangan berlatih pada waktu istirahat. Waktu istirahat disediakan agar tubuh dapat rileks sejenak sehingga latihan berikutnya berjalan dengan baik.

c. Selama berlatih hindari melakukan aktivitas lain. Alat komunikasi (handphone) dihindari pemakaiannya selama latihan.

Mengeksplorasi

Untuk keberhasilan latihan lakukan hal-hal berikut:

a. Mencatat setiap ada petunjuk cara memainkan musik.

b. Menjaga produksi bunyi alat musik agar selalu dapat menghasilkan bunyi yang selaras dengan pemain lain. Jika terlalu keras maka turunkan intensitasnya.

Demikian sebaliknya, jika terlalu lemah maka tingkatkan intensitasnya. Bermainlah sesuai dengan tempo yang ditentukan.

c. Berlatihlah secara individual di luar jadwal latihan bersama agar bagian musik yang menjadi tanggungjawab individu dapat dimainkan dengan baik.

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Mengasosiasi

Setelah latihan biasa yang telah dijadwalkan, umumnya diadakan latihan akhir menjelang pementasan. Latihan ini dapat berupa gladi kotor, yaitu berupa latihan seluruh materi pementasan tetapi belum menggunakan perlengkapan pentas. Pada latihan gladi bersih (general rehearsal) seluruh rangkaian acara dan perlengkapan pendukung pementasan musik, seperti sound system sudah digunakan. Pola latihan ini dilakukan juga untuk persiapan pertunjukan teater maupun tari. General rehearsal ibarat pementasan yang sesungguhnya hanya saja belum ada penontonnya. Melalui latihan yang telah dan atau sedang kamu lakukan, analisis kembali prosesnya. Proses latihan mana yang berlangsung sesuai dengan rencana, baik yang berhubungan dengan rencana karya musik yang akan dipentaskan maupun manajemen latihan. Evaluasi kembali karya musik mana yang sesuai dengan kemampuan pemusik dan tujuan pementasan. Evaluasi juga kelemahan dan kebaikan latihan-latihan yang telah dilakukan. Lalu, tentukan karya yang dapat dimainkan serta proses latihan yang efektif.

Mengomunikasikan

Musik Setelah kamu mencoba berlatih dan mengenal prinsipprinsip dasar berlatih musik, komunikasikanlah hasil latihan kamu tersebut di depan kelas. Penyajian ini dapat didukung oleh sebagian teman-teman kamu dan sebagian lagi sebagai penonton. Setelah penyajian tersebut mintalah pendapat teman-teman dan guru kamu tentang konsep musiknya dan bentuk penyajian yang kamu lakukan. Sebagai bahan rujukan kamu dapat mendalami halhal berikut ini. Pementasan musik dapat dilakukan khusus untuk acara pergelaran atau konser musik, namun dapat juga dilakukan untuk mengisi acara tertentu, bahkan dapat juga dalam kaitannya untuk mengikuti festival. Apapun jenis acara yang diikuti, pergelaran musik hendaknya dilakukan dengan baik. Keberhasilan pementasan suatu musik, selain ditentukan oleh proses latihan yang baik perlu didukung pula oleh aspek lainnya. Acara yang dikhususkan untuk pergelaran musik memerlukan bantuan orang lain karena pemusik bertanggungawab pada karya musik yang akan disajikan. Untuk itu panitia pementasan perlu dibentuk. Tugas utama panita adalah membantu pemusik (termasuk penyanyi) agar dapat menyajikan musik dengan baik dan pendengar dapat menyaksikan pementasan musik dengan baik pula. Oleh karena itu, panitia penyelenggara menyiapkan hal-hal pokok berikut ini yaitu: a. Tempat pementasan, jika diperlukan ijin penyelenggaraan pementasan. b. Perlengkapan panggung, seperti sound system, ligthing, dll. c. Menjaga agar penonton (apresiator) dapat mendengarkan musik dengan baik. d. Menjaga agar perlengkapan pementasan berfungsi dengan baik selama acara berlangsung. Tujuan pementasan musik agar karya musik dapat dinikmati oleh pendengar (apresiator). Untuk mencapai hal itu, selama pementasan berlangsung, pemusik menjaga diri agar tetap dalam kondisi baik. Berikut ini adalah hal-hal penting yang diperhatikan oleh pemusik:

a. Datang sesuai dengan waktu yang ditentukan. Umumnya pemusik diminta hadir beberapa jam sebelum acara pementasan berlangsung. Kehadiran tepat waktu akan membantu konsentrasi pemusik pada penyajian musik karena memiki waktu persipan yang cukup.

b. Membawa alat musik yang menjadi tanggung jawab masingmasing pemain.

c. Membawa partitur masing-masing, jika diperlukan.

d. Mengikuti petunjuk yang diberikan sebelum pentas. Misalnya, cara masuk dan ke luar panggung, kostum yang dipakai untuk pentas, dll.

e. Memainkan musik selama pentas berlangsung sesuai dengan bagiannya sambil menjaga kekompakkan dengan pemusik lainnya.

Dengan persiapan yang baik, musik yang akan dipentaskan diharapkan dapat berlangsung dengan baik dan memberi kepuasan bagi pemusiknya serta penonton. Sebaliknya, persipan pementasan yang kurang baik akan membuat kecewa semua pihak yang terlibat. Oleh karena itu, pemusik perlu disiplin, tanggung jawab, dan kerjasama yang baik selama proses latihan hingga pementasan usai.

 

Aturan Latihan Musik Yang Baik | medsis | 4.5