Ancaman Lingkungan Pencemaran Laut

Ancaman Lingkungan Pencemaran Laut

Ancaman Lingkungan Pencemaran Laut

Ancaman Lingkungan Pencemaran Laut

Pencemaran laut didefinisikan masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan/atau komponen lain ke dalam lingkungan laut oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan laut tidak sesuai lagi dengan baku mutu dan/atau fungsinya (Peraturan Pemerintah No.19/1999). Sumbersumber pencemaran laut dapat berasal dari:

1. Aktivitas di darat: Penebangan hutan , buangan limbah industri, limbah pertanian, limbah cair domestik, limbah padat serta konversi lahan mangrove dan lamun (mangrove and swamp conversion). 2. Aktivitas di laut: Perkapalan, Dumping di laut, pertambangan, eksplorasi dan eksploitasi minyak, budidaya laut dan perikanan. Pencemaran minyak di laut terutama disebabkan oleh limbah penambangan minyak lepas pantai dan kebocoran kapal tanker yang mengangkut minyak. Setiap tahun diperkirakan jumlah kebocoran dan tumpahan minyak dari kapal tanker ke laut mencapai 3.9 juta ton sampai 6.6 juta ton.

Tumpahan minyak merusak kehidupan di laut, diantaranya burung dan ikan. Minyak yang menempel pada bulu burung dan insang ikan mengakibatkan kematian hewan tersebut. Pencemaran laut di dunia menyebabkan kerusakan pada lingkungan dan kehidupan bawah laut. Pada tahun 2008, para penyelam mengangkat 219.528 lbs (99.57 ton) sampah dan benda-benda bekas dari 1.000 mil luas laut rata-rata 1 penyelam mengangkat 25 ton sampah dan benda-benda bekas. Penggunaan tas plastik 1 juta permenit dalam 1 hari, dan hampir 3 juta ton plastik serentak diproduksi untuk membuat botol minuman setiap tahunnya. Hampir 80% pencemaranlaut disebabkan oleh plastik.

Di beberapa daerah di samudra, per-bandingan untuk plastik dan plankton adalah 6:1 (6 banding 1). Diperkirakan 46.000 potong sampah plastik mengapung di setiap 1 mil dari samudra – 70% dari sampah plastik itu diperkirakan akhirnya akan tenggelam. Plastik tidak mudah untuk di uraikan. Saat sampah plastik masuk ke laut, dibutuhkan bertahun-tahun untuk diuraikan, terurai secara perlahan menjadi potongan kecil yang akhirnya menjadi debu plastik. Botol aluminium membutuhkan waktu 100 tahun untuk dapat terurai dan plastik pegangan yang di pakai untuk menjual 6 kaleng bir sekaligus membutuhkan waktu 450 tahun untuk dapat terurai.Botol kaca seperti botol soda membutuhkan waktu 1 juta tahun untuk terurai di alam bebas. Diperkirakan ada lebih dari 260 jenis hewan laut di seluruh dunia yang terjerat dan memakan sisa-sisa tali pancing, jala dan sampah-sampah laut lainnya. Sekitar 100.000 mamalia laut termasuk lumbalumba, paus, anjing laut, dan penyu laut terancam dengan banyaknya sampah dan benda-benda bekas yang masuk ke laut tiap tahunnya. 86% dari populasi penyu laut terkena dampak buruk dari pencemaran laut. Lebih dari 1 juta populasi burung laut mati karena pencemaranlaut setiap tahunnya.

Rangkuman

Kemampuan manusia menciptakan lingkungan baru dengan segala aktivitas didalamnya, pembangunan industri yang menghasilkan berbagai macam barang, pengelolaan alam menggunakan teknologi modern. Semua kegiatan tersebut sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup, banyak keuntungan dan manfaat yang dihasilkan, namun dampak lain yang menyertai mengakibatkan kerusakan lingkungan serta menjadi ancaman terhadap kehidupan.

Banyak dijumpai kasus-kasus pencemaran udara, tanah, air dan laut menimbulkan berbagai penyakit pada manusia, ikan di sungai dan lautan banyak mati merupakan contoh kerugian yang bersumber dari aktivitas manusia sendiri.

Kasus

Coba kita amati perkembangan pembangunan di sekitar kita: di perkotaan makin banyak dibangun hypermat, kendaraan bermotor makin meningkat jumlahnya, dipedesaan banyak lahan basah diubah menjadi kawasan perumahan, wilayah sekitar sungai Brantas sebagai kawasan industri. Ambillah salah satu contoh dan jelaskan ancaman apa yang dapat ditimbukan oleh lingkungan buatan tersebut terhadap kehidupan manusia dan makhluk hidup lain.

Ancaman Lingkungan Pencemaran Laut | medsis | 4.5